Sunday, June 9, 2013

Setelah mendaftar, lalu?

Jika kamu sudah mengirimkan semua dokumen-dokumen pendaftaran dan dokumen kamu sudah sampai ke universitas tujuan, ada 2 kemungkinan:
  • Kamu mendaftar ke jurusan Zulassungsfrei (tanpa NC), begitu dokumen-dokumen kamu terbukti lengkap, kamu langsung mendapat Zulassung. Entah dalam bentuk email atau kamu harus mengecek ke online account yang kamu pakai untuk mendaftar. Zulassung ini bisa langsung di print dan dipakai untuk mengajukan visa studi.
  • Kamu mendaftar ke jurusan Zulassungsbeschränkt (dengan NC), begitu dokumen-dokumen kamu terbukti lengkap, kamu akan dimasukkan ke dalam ranking. Nantinya semua aplikasi (sampai dengan akhir deadline aplikasi 15 Juli) akan diurut berdasarkan nilai. Jumlah orang yang diterima disesuaikan dengan jumlah tempat yang ada. Jadi, misal pendaftar 500, jumlah 300, maka yang diterima adalah pendaftar ranking 1-300. Zulassung / kabar penerimaan biasanya akan keluar sekitar akhir Juli / awal Agustus. Surat penolakan akan keluar sekitar September.
Update:

Untuk jurusan dengan NC, Zulassung akan keluar sekitar awal Agustus hingga tengah Agustus. Jika memang kamu merasa Zulassung di universitas itu seharusnya sudah keluar, coba kirim email dan tanyakan apakah Zulassung sudah keluar karena bisa saja Zulassung kamu sebenarnya sudah dikirim lewat pos. Jika ini halnya maka kamu bisa meminta scan / file dari Zulassung kamu untuk dikirim lewat email dengan alasan untuk aplikasi visa. Pada Zulassung biasanya tertera Annahmefrist, ini berarti kamu harus mengambil Studienplatz ini paling lambat pada tanggal yang tertera di Annahmefrist. Jadi, jika melewati tanggal ini kamu tidak memberikan kabar maka Studienplatz kamu akan diberikan kepada orang lain dan Zulassung kamu tidak berlaku. 

6 comments:

  1. Hallo kak Felicia, aku Hans alumni Studienkolleg Indonesia. Aku rencananya mau daftar ke TUM (informatik). Di website tertera Eignungsfeststellungsverfahren, jadi kita harus ikut interview disana ya? dan kira-kira zulassung untuk program studi sperti ini keluar kapan? Dankee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Hans, denger2 kalo nilainya cukup bagus bisa lgsg dapet zulassung tanpa interview, sonst harus interview dulu. Tapi ini info beberapa tahun lalu sih jadi ga tahu apa masih sama verfahrennya sekarang.

      Hmm, ngga tentu jg sih kapan keluarnya, kalo jaman aku daftar, dapet zulassung kira2 bulan agustus gitu. Kalo pake interview tpi mungkin bisa lebih lama lagi ya, tergantung jadwal interviewnya.

      Delete
  2. kak, kalau untuk daftar studkol, jurusan yang memiliki NC juga menerapkan hal yang sama dengan pendaftaran uni atau engga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      maksudnya hal yang sama gmn ya? Kalo maksudnya harus ikut aufnahmeprüfung sih tetep harus ikut

      Delete
    2. maksudnya, yang dapet zulassung untuk aufnahmeprüfung. jadi kalau temenku daftar ke jurusan yang ga pake nc, dia langsung dapet undangan buat anp. kalau aku, daftar ke jurusan dengan nc, nilaiku disortir berdasarkan ranking buat dapet zulassung untuk anp. gituu?

      sorry ya kak kalau agak ribet😃

      Delete
    3. hmm kayaknya sih tergantung studkolnya masing2.
      setelah googling ini yg aku dapet:

      dari uni mainz:
      Bewerbungen für den Deutschkurs und das Studienkolleg haben keinen NC.

      https://www.studium.uni-mainz.de/nca/


      dari uni leipzig:
      Ihre HZB-Note muss mindestens 2,5 betragen, damit Ihre Bewerbung für einen zulassungsbeschränkten Studiengang akzeptiert wird.

      Für Bewerber, die sich für einen zulassungsfreien Studiengang bewerben, gibt es keine Mindestnote.

      https://www.uni-leipzig.de/studium/studium-international/internationale-bewerber/bachelor-staatsexamen-diplom/bewerbung-zum-studienkolleg.html


      cuma pastinya sih sayangnya aku ngga tau (karena ngga ada pengalaman juga)

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...