Saturday, March 1, 2014

FAQ

[UPDATED 20.05.2017]

Sejak mulai menulis blog ini saya sering mendapatkan pertanyaan seputar studi di Jerman yang sebenarnya sudah saya tulis dengan jelas di post-post saya. Sebagian pertanyaan yang ditanyakan umumnya sama, maka dari itu saya mencoba mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan ini di halaman FAQ ini. Saya mohon bagi pembaca untuk membaca dulu FAQ ini sampai habis, sehingga tidak perlu menanyakan hal yang sama. Jika ada pertanyaan atau hal yang kurang jelas, silakan meninggalkan komentar di post yang bersangkutan atau di halaman FAQ ini :)

Nanya dong, gimana caranya kuliah ke Jerman?
Tolong baca blog ini dari awal ya, step by stepnya sudah saya tulis di halaman Home :)

Apakah saya wajib membayar 8.040 Euro untuk ke Jerman?
Ya, untuk bisa mengajukan visa studi kamu wajib mempunyai rekening di Deutsche Bank dan di dalam rekening tersebut harus sudah ada uang sebesar 8.040 Euro

Apa jumlah sebesar ini tidak bisa dicicil?
Bisa, asal pada saat pembuatan visa kamu harus sudah mentransfer 8.040 Euro

Berapa biaya hidup di München? Dengar-dengar München kota paling mahal di Jerman?
Jumlah ini relatif dan sangat ditentukan oleh besar sewa kamar (Miete) kamu. Memang benar, sewa Miete di München lebih mahal dari kota-kota lainnya untuk kamar privat. Jika kamu bisa mendapat kamar di Studentenwohnheim (asrama) maka kamu hanya perlu membayar sekitar 200-300 Euro per bulan. Untuk biaya-biaya lainnya saya rasa besarnya hampir sama dengan kota-kota lain di Jerman barat (seperti harga barang di supermarket, harga makanan di Mensa, dll.) Tentunya biaya hidup ini bervariasi, tergantung cara hidup kamu (apakah kamu memasak sendiri atau makan luar, dll.). Tapi saya rasa sekitar 750 Euro sudah sangat cukup untuk hidup di München. Untuk rinciannya di post ini.

Gimana caranya mendapat tempat tinggal?
Saya sudah pernah menulis juga post tentang ini, silakan kamu cari postingnya di blog ini.

Apakah ada beasiswa untuk S1 / Studienkolleg?
Sejauh yang saya tahu, tidak. Atau jika ada pun maka sangat jarang. Untuk beasiswa kebanyakan diperuntukkan untuk S2 atau Doktor.

Apakah di Jerman bisa bekerja sambilan?
Untuk Studienkolleg, saya kurang tahu pasti tapi seingat saya bisa. Untuk program S1 keatas, kita sebagai mahasiswa asing diberi kesempatan bekerja 120 hari full time dalam setahun. Gaji kerja untuk taraf student di Jerman sekitar €8-€12 per jam, tapi tentu saja ini bisa bervariasi tergantung dari jenis pekerjaan dan pemberi kerja. Tentu saja untuk membiayai biaya hidup kita di Jerman dalam setahun tidak mencukupi, maka dari itu deposit €8.040 sangat diperlukan. Salah satu syarat yang penting untuk bisa bekerja di Jerman adalah kemampuan bahasa Jerman. Silahkan membaca post ini untuk info lebih lengkap.

Untuk perpanjang visa, apa saya perlu €8.040 juga?
Ini sangat bergantung dengan tempat tinggal kamu. Di tempat saya München perlu jumlah uang minimal sekitar €7900 untuk memperpanjang visa, sedangkan di kota lain ada yang menetapkan jumlah minimal sebesar €5000 dan sebagainya. Silakan buka website Ausländerbehörde (Imigrasi) kota kamu masing-masing

Mana yang lebih baik, Studienkolleg di Indonesia atau Jerman?
Untuk info lengkap tentang Studienkolleg ada di halaman ini. Pertanyaan yang sama juga sudah saya jawab disana.

Nilai ujian bahasa Jerman / Ijazah saya sekian, apa cukup untuk diterima di Studkol XX / Universitas Y?
Dimohon untuk tidak menanyakan hal-hal seperti ini ya, karena jawaban saya akan selalu sama: tidak tahu. Masalah kamu diterima atau tidaknya hanya pihak yang bersangkutan yang bisa menentukan, dan setiap tahun bisa berubah jadi saya tidak bisa memberikan garansi apakah dengan nilai kamu sekarang kamu bisa diterima / tidak.

Saya sudah mengapply visa pada tanggal X bulan Y, tapi sampai sekarang visa saya belum keluar, apakah visa saya diterima? Kapan visa saya bisa keluar? Apakah karena melakukan hal X / Y akan mempengaruhi diterima / ditolaknya visa saya?
Seperti saya tulis diatas, saya tidak bisa memberi jawaban kapan visa kamu akan keluar, apakah visa kamu akan diterima. Saya hanya bisa memberi tahu syarat-syarat pengajuan visa, apa yang saya bawa dan apa yang saya lakukan ketika saya mengajukan visa. Sepengetahuan saya, so lange kamu sudah memenuhi syarat-syarat yang diminta oleh kedutaan serta memiliki tujuan yang jelas untuk kuliah di Jerman maka pengajuan visa kamu akan diterima. Ditolaknya visa biasanya karena syarat yang belum lengkap atau belum memiliki tujuan yang jelas (misal, hanya untuk Sprachkurs). Tapi kembali lagi, saya tidak bisa menentukan apakah visa kamu akan keluar atau tidak. Jika kamu memiliki pertanyaan tentang visa kamu, ragu apakah dokumen kamu sudah lengkap atau belum, silakan tulis email ke Bagian Visa di Kedutaan Jerman.

Apa saya bisa minta email / Whatsapp / Line / Facebook untuk bertanya lebih lanjut?
Karena berbagai alasan maka saya mohon maaf bahwa saya tidak bisa mencantumkan alamat email pribadi / nomor telepon / Facebook / Line. Untuk masukan, saran, pertanyaan, bisa kamu tulis di bagian "Comments". Saya selalu mendapatkan email dari Blogger, jika ada yang menulis komentar di blog ini, jadi komentar kamu pasti akan terbaca. Mohon maaf jika komentar kamu tidak bisa langsung saya balas khususnya di masa-masa ujian dimana saya juga jarang online dikarenakan harus mempersiapkan ujian. Selain itu, dengan meninggalkan comment pertanyaan kamu bisa dilihat oleh semua pembaca, sehingga meminimalkan kemungkinan pertanyaan dobel.

[UPDATE 20.05.2017]
Hallo, saya lulusan Studkol Indo mau mendaftar ke TUM, apa harus apply lewat Uni-Assist?
Tidak. Bisa dibaca disini, bagian: "Who does not have to apply via uni-assist?" tertulis "Applicants who have completed preparatory studies in a Studienkolleg in Germany". Jadi jika sudah selesai Studienkolleg dan mempunyai ijazah FSP, bisa apply langsung ke TUM.

Jika ada yang kurang jelas atau ada pertanyaan lainnya yang ingin ditanyakan, silakan tulis komen di bawah ini. Baca juga sebelumnya posting-posting saya yang lainnya, karena bisa saja pertanyaan yang ingin kamu tanyakan sudah pernah saya bahas sebelumnya. Semoga membantu!

18 comments:

  1. Hi Felicia, apakah ada waiting times untuk mendapat kepastian tinggal di asrama di Muenchen? Apakah bisa mendaftar sebelum berangkat tapi setelah diterima di universitas di Muenchen? Apakah kamu tinggal di asrama? Terima kasih atas jawabannya. Salam, Iman, Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, untuk tanggal pastinya tentunya tidak ada yang bisa memastikan kapan kamu akan dapat asrama, tapi biasanya sekitar 1 Semester untuk asrama Studentenwerk. Ini juga tergantung kotanya, biasanya kota besar tentu semakin lama.

      Beberapa asrama memperbolehkan kamu mendaftar sebelum kamu dapat surat penerimaan seperti di München, Bonn, dll. Ada juga yang meminta bukti surat penerimaan seperti di Berlin.

      Delete
    2. Apakah bisa mendaftar secara elekronik? Bisa di-share website studenwerk utk TU muenchen? Apa plus minus tinggal di studenwerk menurut pengalaman/pengamatan kamu dan mahasiswa Indonesia pada umumnya?

      Delete
    3. website studentenwerk tiap kota bisa km cari di google, tinggal search "studentenwerk (nama kota)"
      sampai saat ini saya belum menemukan minusnya tinggal di asrama, kecuali mungkin tetangga yg kadang agak ribut. tapi untuk bisa diterima di asrama saja sangat susah, jadi saya sarankan langsung diterima, karena kamu tidak akan menemukan kamar yang lebih murah lagi dari milik Studentenwerk.

      Delete
  2. hai, saya mempunyai keinginan untuk melanjutkan studi s2 di jerman tapi orang tua saya tidak memiliki cukup dana untuk saya, adakah beasiswa yang dapat menanggung semua biaya studi serta hidup disana? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai, untuk di Indonesia setahu saya penyedia beasiswa terbesar adalah DAAD. Berapa jumlah beasiswanya dan apa ini cukup untuk memenuhi biaya hidup kamu saya kurang tahu, karena saya sendiri masih menjalani program S1. Jika kamu tinggal di Surabaya, bisa juga konsultasi dengan cabang DAAD Surabaya di ULC Universitas Surabaya.

      Silakan lihat link ini untuk info lebih lanjut:

      http://jermandes.wordpress.com/beasiswa-ke-jerman/

      http://www.daadjkt.org/index.php?scholarships

      Semoga membantu.

      Delete
  3. Oh iya kak yang bener itu studkol baru uniassist atau uni assist dulu bru studkol?:)

    ReplyDelete
  4. Pagi kak:) mau tambah pertanyaan lagi hehe jadi aku msh kelas 3 sma berniat kuliah disana. Kakak kelasku ada yg sudah d jerman, dia sebelumnya melakukan program au pair baru setelah itu kuliah. Saya akan lulus mei 2015, kata kakak kelas saya sebaiknya saya ikut au pair dulu daripada nganggur nunggu studkol open registrasi bulan januari. Aku berniat studkol d jerman kak, tp aku ragu soal au pair, karna menurutku akan sangat lama jika aku au pair sampe tahun 2016, apakah benar studkol open cuma januari? Ada ga yg lebih cepat? Aku pengennya lulus lgsg masuk studkol gitu. Oh iya studkol jerman ada tes masuk nya? Meliputi apa saja? Menurut kakak aku harus gmn:( lebih baik ikut au pair sampai bisa studkol atau nganggur aja nunggu studkol? Aku juga pengen sprachkurs

    ReplyDelete
  5. Mohon sarannya ya kak:( maaf cerewet huhu:( makasiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, aku jawab jadi satu aja ya.

      maksudnya studkol baru uni assist gimana ya? uni-assist ini instansi yang bertugas mengurus pendaftaran uni / studkol di Jerman. jadi kalo memang uni kamu tergabung dalam uni-assist kamu harus daftar lewat uni-assist.

      pertama-tama maaf untuk soal au pair aku ga tau banyak karena ga punya pengalaman au pair.

      apakah benar studkol open cuma januari? Ada ga yg lebih cepat?
      studkol di Jerman buka pendaftaran 2 kali, untuk wintersemester (sekitar juni / juli) atau sommersemester (sekitar januari). silakan liat di website masing-masing studkol untuk deadline application.

      Oh iya studkol jerman ada tes masuk nya? Meliputi apa saja?
      ada, rata-rata Deutsch dan Mathe

      Menurut kakak aku harus gmn:( lebih baik ikut au pair sampai bisa studkol atau nganggur aja nunggu studkol? Aku juga pengen sprachkurs
      ambil kasus aku dulu aja ya, aku juga lulus SMA (dapet ijazah) bulan mei. ada 3 alternatif:

      1. langsung studkol di Jerman: ini kalo kemampuan bahasa Jerman kamu sudah bagus banget (amannya B2), kamu bisa langsung apply studkol dan kalo misal lulus Aufnahmeprüfung, wintersemester tahun itu juga (sekitar september) bisa langsung studkol.

      2. sprachkurs dulu: kalo misal merasa kemampuan jerman kamu masih kurang, lulus SMA kamu bisa sprachkurs dulu selama sekitar 1 semester, kalo bisa sampai B2 / C1 buat amannya, lalu daftar studkol waktu sommer (januari 2016), kalo lulus Aufnahmeprüfung masuk studkol sekitar bulan februari (2016)

      3. studkol di Indo: kalo kasus aku, lulus SMA mei dan bermodal ijazah B1 langsung daftar studkol indo. mulai studkol akhir juli.

      jadi intinya meskipun kamu ga ikut aupair bukan berarti kamu "nganggur nunggu studkol". waktu yang ada sebaiknya dipake untuk sprachkurs dan belajar buat Aufnahmeprüfung karena menurut pengalaman temen-temen yang studkol di Jerman akhir-akhir ini soal Aufnahmeprüfung semakin susah.

      Delete
  6. Halo kak!

    Aku ingin tanya, seberapa bagus nilai kita untuk bisa diterima oleh universitas-universitas yang lumayan terkenal? (TU Muenchen, RWTH Aachen, dll.)

    (Sebenarnya masih lama sampai aku masuk universitas hehe. Pikirlah seperti sebuah persiapan awal.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, diatas sudah saya tulis bahwa saya nggak bisa memastikan berapa nilai minimum kamu, apakah dengan nilai segini bisa diterima. tapi kira-kira untuk fach Medizin / Pharmazie butuh nilai 1-2. Untuk teknik cukup banyak yang mau menerima kamu dengan nilai 3.

      Delete
  7. Dear Felicia,
    Saya ingin melanjutkan studi S2 ke TUM Jurusan Master of Land Management and Land Tenure. Jurusan ini berbeda dengan jurusan S1 saya (Sarjana Pertanian), tetapi berhubungan erat dengan bidang pekerjaan saya. Saya sedang mendaftar online https://campus.tum.de/tumonline/webnav.ini sampai pada halaman tentang "Higher education entrance qualification". Ada pilihan:
    1. I have a German higher education entrance qualification.
    2. I have obtained a foreign higher education entrance qualification. This includes an International Baccalaureate Diploma (even if awarded by an international school in Germany).
    3. I belong to the group of master craftspersons or qualified professionals.

    Kalau saya pilih salah satu, ada lagi pilihan lain yang banyak.
    Saya tidak mengerti harus memilih yang mana. saya sudah mencoba membaca keterangan di website tersebut, tetapi saya masih belum mengerti. Saya minta tolong supaya dapat diberikan penjelasan mengenai hal ini.
    Terima kasih.

    Regards,

    Sy

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, higher education entrance qualification maksudnya pendidikan SMA kamu. kalau km SMA di indo berarti pilih nomor 2

      Delete
  8. Kak, masa berlaku visanya berapa lama ya? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo Ita,
      pertama kali datang ke jerman visa kamu berlaku 3 bulan, setelah diperpanjang jadi ijin tinggal, masa berlakunya ditentukan Ausländerbehörde (biasa max 2 tahun)

      Delete
  9. . Assalamu'alaykum teh Felicia, kalau teteh di TU München masuk jurusan apa ya? Dan mau tanya juga kalau di TU München ada jurusan manufaktur engga?

    ReplyDelete
  10. Kabar baik!!! Perusahaan pinjaman real

    Nama saya nirma sufitra, hanya ingin menggunakan kesempatan ini untuk memberitahu siapa pun yang membaca ini bahwa ada perusahaan pinjaman yang nyata dan mereka ada di sini untuk membantu, karena saya adalah korban tertipu namun terima kasih kepada Dangote Loan Company, mereka memberikan pinjaman dengan 2% tingkat bunga dan memberi Anda jumlah apapun, jadi hubungi Dangote Loan Company Via email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    atau hubungi saya melalui email nirmasufitra12@gmail.com

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...