Friday, August 29, 2014

Step by Step Mendaftar Lewat Uni-Assist

Saya mendapat cukup banyak pertanyaan tentang pendaftaran lewat uni-assist. Apa itu uni assist? Silakan buka link ini. Mendaftar lewat uni-assist memang saya akui cukup ribet karena harus mengisi satu-persatu data-data yang ada. Untuk memperjelas, berikut saya buat step by step pendaftarannya. Silakan klik gambar untuk memperbesar.

PENTING: Sebelumnya silakan BACA DULU informasi di website uni-assist:


untuk info step-by-step online application. Di dalam website ini sudah tertulis secara rinci apa saja yang perlu kamu lakukan. Tinggal melakukan urut sesuai yang tertulis maka saya kira pendaftaran kamu akan berjalan dengan mulus.

Selain itu perhatikan juga:
  • Deadline khusus yang diberikan oleh universitas (link)
  • Lihat di website universitas apakah kamu perlu mendaftar lewat uni-assist (ada kalanya lulusan Studienkolleg diminta langsung mendaftar ke universitas)
  • Apakah ada formulir pendaftaran khusus yang disediakan oleh universitas (link)
Karena saya rasa informasi lainnya dari website uni-assist sudah jelas, yang akan saya bahas adalah cara mengisi formulir, dari membuka account hingga mengirimkan formulir pendaftaran.  

1. Buka portal online application di http://www.uni-assist.de/online/ 

2. Jika kamu belum memiliki account, klik tombol "Registrierung" untuk membuka account baru. Jika sudah, cukup log in dengan mengklik tombol "Anmelden"



3.  Kamu akan diminta untuk mengisi data diri kamu untuk registrasi


Berikut contoh data diri yang perlu diisi


 4. Jika sudah berhasil maka kamu akan mendapatkan email untuk verifikasi dari uni-assist.


5. Cek inbox kamu, klik link yang diberikan untuk melakukan verifikasi email



6. Sekarang kamu bisa memulai pendaftaran. Klik tombol "Grundfragen" untuk mengisi data diri. Dengan mengisi data-data ini maka kamu tidak perlu mengulangnya setiap mengisi formulir pendaftaran baru, akan terisi secara otomatis (penjelasan lebih lanjut di gambar)
 


 




7. Periksa kelengkapan data kamu sekali lagi, untuk melanjutkan pengisian klik "Angaben Bestätigen un Weiter". Untuk memperbaiki data, klik "Angaben Verändern".
 



8. Kamu akan masuk ke halaman "Studienangebot Suchen" untuk mencari jurusan yang kamu inginkan.


9. Jika jurusan yang kamu inginkan ada di universitas pilihan kamu, kamu bisa memulai mengisi formulir pendaftaran.


10. Kamu akan dibawa ke halaman "Antrag" untuk melengkapi formulir pendaftaran. 



11. Untuk mengisi pertanyaan-pertanyaan yang ada di Antrag, kamu bisa membaca post saya tentang hal tersebut disini: http://therookieadvisor.blogspot.com/2013/08/mengisi-antrag-auf-zulassung-untuk.html




12. Jangan lupa untuk mengupload dokumen-dokumen yang diperlukan untuk disertakan bersama formulir pendaftaran kamu. Dokumen-dokumen yang diperlukan bisa dilihat disini: http://therookieadvisor.blogspot.com/2013/06/dokumenuniversitas.html


13. Jika kamu sudah selesai mengisi formulir, PERIKSA DATA KAMU LAGI, apakah sudah lengkap dan benar, karena SETELAH DIKIRIMKAN DATA TIDAK BISA DIGANTI. Print formulir pendaftaran ini dengan mengklik "Antrag drucken". Kamu akan mendapatkan file pdf yang siap di print. Print-out formulir ini harus kamu tanda tangani dan kamu kirim sekali lagi secara pos ke uni-assist bersama dengan legalisir dokumen-dokumen yang tadi sudah kamu upload.


14. Klik "Elektronisch übermitteln" untuk mengirim formulir secara elektronik. PERHATIAN: Ini bukan berarti pendaftaran kamu sudah masuk, jika DOKUMEN KAMU SECARA POS sudah diterima oleh uni-assist baru pendaftaran kamu akan dikerjakan. 



 15. Untuk mendaftar ke universitas lain atau mendaftar jurusan lain, klik menu "Antrag" kemudain klik "Neuen Antrag anlegen"


16. Kamu bisa mengupload dokumen-dokumen yang diperlukan di menu "Dteien hochladen und verwalten"

17. Setelah semua pendaftaran selesai, BAYAR biaya pendaftaran lewat uni-assist. Cara membayar bisa dilihat di link ini: http://therookieadvisor.blogspot.com/2013/06/uni-assist-ev.html

18. PRINT FORMULIR PENDAFTARAN, kirimkan bersama LEGALISIR dokumen-dokumen kamu ke alamat uni-assist, bisa kamu lihat disini: http://www.uni-assist.de/kontakt.html (tidak saya tuliskan alamat rinci disini, takutnya setelah tulisan ini ditulis alamat uni-assist berubah)

19. Ikuti langkah-langkah selanjutnya yang tertulis di website ini: http://www.uni-assist.de/onlinebewerbung

 

27 comments:

  1. Terima kasih atas artikel ini. Sangat membantu dalam proses saya mendaftarkan diri studi ke Jerman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih atas komentarnya! senang bisa membantu :)

      Delete
    2. Salam sdri. Felicia,

      Apakah kenal atau tahu mengenai http://www.colognegamelab.de/ ? Saya berencana untuk ambil studi yang S2. Apa mungkin Felicia ada teman yang tahu untuk bisa bincang-bincang informal mengenai kampus ini dan juga lingkungan tempat tinggalnya di Koln? Terima kasih sekali lagi.

      Delete
    3. Hallo,

      kalau saya lihat dari websitenya ini merupakan salah satu fakultas milik FH Köln. Sayangnya saya tidak punya kenalan yang saat ini kuliah di universitas ini. Jika ingin tanya-tanya dengan pelajar disana coba bergabung dalam grup facebook PPI Köln atau bisa tanya2 di PPI Jerman.

      Delete
  2. bagaimana jika saya dan suami berniat studi ke jerman dengan membawa anak?adakah info mengenai sekolah dah pre languange learning buat anak seusia elementary school?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, sori kalo untuk info ttg sekolah anak2 saya kurang tahu, tapi seinget saya bisa apply untuk bantuan dana Kindergeld. beberapa kenalan juga kesini untuk ambil program doktoran dengan anak & istri, dimana anak mereka masuk ke sekolah Jerman. untuk lebih jelasnya bisa dikonsultasikan ke uni / studentenwerk masing-masing, biasa mereka bisa membantu soal ini.

      untuk bacaan lebih lanjut bisa juga di link ini: http://www.studis-online.de/Studieren/studieren-mit-kind.php

      Delete
  3. hallo fellcia, saya sedang mendaftar S2 melalui uni-assist, boleh saya minta kontak whatsapp atau line untuk menanyakannya lebih lanjut? jika boleh kirimkan kontanya melalui email saya zaky.faishal@yahoo.com. terimakasih sebelumnya sudah memposting hal yang sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, kalau ada pertanyaan diposting disini aja ya :)

      Delete
  4. kalo untuk S2/Master butuh ga sih kita kirim dokumen ijazah SMA jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau sih, saya sendiri belum master. lebih baik cantumkan aja kalau mau untuk jaga2, tapi ya bisa ditanyakan ke uni yg bersangkutan

      Delete
  5. kalau untuk daftar studienkolleg gimana ya kak? kok cuman S1 aja ya? danke schön

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, yang saya tulis kan pengalaman saya sendiri aja ya, jadi ya waktu daftar S1. Untuk studienkolleg sih harusnya kurang lebih sama

      Delete
  6. kalau saya mau daftar 5 univ lewat uni-assist, apakah dokumen yg saya kirim ke uni-assist jg harus berjumlah 5copy sesuai dgn jmlh univ tersebut? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk dokumen2 yg sama (misal ijazah, rapor dll yg diperlukan semua uni) cukup kirim 1 saja. cuma formulir pendaftaran harus masing2 1 untuk setiap uni. dan jika ada uni yang menginginkan syarat tambahan, juga bisa dilampirkan.

      Delete
    2. Kak apakah uni assist memberikan batasan jumlah pendaftaran universitas ? Misal saya daftar 6 univ sekaligus bagaimana ?

      Delete
  7. setahu saya ngga ada batasannya, tapi setiap tambahan uni dikenakan biaya (coba lihat link ini http://www.uni-assist.de/entgeltordnung.html). kalo daftar 6 uni berarti biayanya 75€ + 5x 15€

    ReplyDelete
  8. Haii felicia, saat pendaftaran online melalui uni-assist, dokumen yg di upload apakah dokumen yg asli (hasil scan), atau yg photocopian yg sudah di legalisir (hasil scan)?

    Ow y klo untuk dokumen yg di kirim via pos bisa minta detailnya?? seperti misalnya setelah slse melakukan pngiriman dokumen ke uni-assist, apakah perlu mengirim dokumen ke uni tujuan? soalnya sempat baca2, ada dokumen lain juga yang dikirm ke uni tujuan.
    Sekalian info donk, klo sertifikat bhs seperti IELTS, yg kirim aslinya atau bgmna? soalnya itu sertifikat cuma ada 1, dan kalaupun yg legalisir, ada info tempat yg bs di jadikan rujukan?

    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      dulu saya upload scan dokumen asli. Tapi seharusnya fotokopi yang sudah di legalisir gak apa2. (Pada akhirnya nanti yang diperhatikan adalah apa yang kamu kirim lewat pos)

      Rata-rata kalau dari uni-assist cuma perlu kirim ke uni-assist aja, kecuali kalau uni tersebut minta kita kirim ke assist untuk Vorprüfungsdokumentation. Kalau ini berarti setelah uni assist selesai memproses dokumen kamu, kamu akan dikirim dokumen bukti hasil proses dari assist, lalu km harus kirim lagi dokumen ke uni tujuan. Kalau ga salah saya juga pernah tulis post tentang ini. Untuk uni-uni mana yang meminta ini, bisa dilihat di website masing2.

      Legalisir bisa ke Botschaft Jerman di indo, kalau ga salah mereka menawarkan gratis 5 lembar legalisir, setelah itu bayar (ini tapi waktu jaman saya, sudah 4 tahun lalu). Atau kalau skrg sedang di Jerman bisa juga ke Ausländerbehörde

      Delete

    2. Selamat malam kak Felicia, maaf menyela di bagian ini. kebetulan pertanyaan berhubungan.

      untuk legalisir ke Botschaft jerman di Indo waktu itu apakah langsung dengan membawa foto copy ijazah dan terjemahannya?

      Terima kasih

      Delete
    3. hallo, iya betul langsung bawa fotokopi dan terjemahannya serta dokumen yang aslinya. nanti dokumen yg asli ini akan dicek oleh petugas, kalau oke, maka fotokopiannya akan langsung diberi stempel oleh botschaft

      Delete
  9. halo kak mau nanya,
    kalo mau daftar studienkolleg di jerman lewat uni assist, blom masuk uni, gimana daftarnya ya kak? disitu hanya ada pilihan untuk mulai kuliahnya. makasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. daftar studienkolleg sama dgn daftar uni, hanya di bagian "mau beantragen utk masuk studienkolleg" dijawab ya.

      Delete
  10. Halo kak Felicia..
    aku mau daftar s2 di TU Munich. Terdapat syarat harus dapat VPD dari Uni-Assist. Tahun2 sebelumnya ga perlu pakai uni-assist padahal :(

    kalo buat dapat VPD, apakah perlu IELTS juga kak? Saya pikir perlu lampirkan IELTS setelah dokumen lengkap (termasuk VPD) lalu dikirimkan ke Uni tujuan.

    mohon infonya kak :) terimakasih banyak kak Felicia

    ReplyDelete
  11. Hallo..
    kak smisal nih pendaftaran Uni yg WS kan bukanya 1 Juni-15 Juli. nah bisa nggak kalo smisal kita ngirim dokumen kita ke Uni-Assist sbelum pendaftaran buka?

    ReplyDelete
  12. Kak, legalisir itu bisa langsung d penerjemah tersumpahnya kan?

    ReplyDelete
  13. Hai. Apakah SMK bisa daftar di FH melalui ini assist?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, SMK dan SMA harus mulai studkol dulu, tapi apa setiap studkol menerima ijazah SMK, harus ditanyakan dulu ke studkol masing-masing.

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...