Saturday, June 21, 2014

Kerja Sambilan di Jerman

Bisa dibilang ini adalah salah satu topik yang paling sering ditanyakan ke saya. Salah satu keuntungan menjadi pelajar di Jerman adalah kita bisa kerja sambilan selama beberapa hari dalam satu tahun dan ini semua legal. Gaji yang didapat juga tidak sedikit jika dirupiahkan.

Apa mencari kerja sambilan di Jerman susah?
Ini tergantung dari kota dimana kamu tinggal. Biasanya di kota-kota yang lebih besar maka kesempatan kamu untuk mendapatkan kerja lebih banyak. Di München misalnya, banyak sekali lowongan kerja untuk Aushilfe / Student di toko-toko.

Kita bisa bekerja di Jerman sebagai posisi apa saja?
Kebanyakan dari pelajar di Jerman bekerja sebagai Aushilfe atau pekerja sambilan. Aushilfe ini biasanya bekerja sekitar 10 - 20 jam per minggu dan gaji yang didapat maksimal €450 (karena lebih dari ini akan dikenakan wajib pajak). Kamu bisa bekerja di bagian Service (melayani pembeli, mengambil order) seperti di McDonald's, Burger King, KFC, etc. Atau bisa juga di museum, bioskop, perpustakaan, pabrik, hingga asisten peneliti di laboratorium.

Berapa hari kita bisa bekerja di Jerman?
Standarnya untuk student asing kamu dibatasi maksimal 120 hari kerja full time ATAU 240 hari kerja part time. Untuk lebih pastinya bisa kamu lihat di Nebenbestimmungen (Kertas kecil panjang yang kamu terima bersamaan dengan kartu ijin tinggal kamu)

Berapa gaji yang diterima?
Untuk Aushilfe, gajinya dihitung per jam dan tingginya gaji tergantung kota kamu. Misalnya di München, karena biaya hidup cukup tinggi, maka gaji minimal untuk Aushilfe sekitar €8 per jam, tapi di kota lain seperti Berlin sekitar €5 - €7 per jam. Jika gaji kamu tidak melebih €450 maka kamu tidak harus membayar pajak.

Apa saja syarat yang diperlukan untuk mendaftar kerja?
Secara umum syarat yang diperlukan antara lain fotokopi paspor, ijin tinggal, Arbeitserlaubnis (kertas panjang kecil yang kamu dapat bersama dengan kartu ijin tinggal), Immatrikulationsbescheinigung, bukti asuransi. Untuk kamu yang akan bekerja di bagian Gastronomie / makanan, maka kamu perlu Gesundheitszeugnis atau sertifikat kesehatan. Ini bisa dibuat di kantor departemen kesehatan atau di dokter-dokter yang sudah memiliki ijin untuk mengeluarkan ini (Google: Gesundheitszeugnis "nama kota")

Bagaimana mengetahui lowongan kerja yang ada?
Banyak caranya! Bisa melalui internet di kimeta.de, jobmensa.de, dll. Atau melihat di website masing-masing perusahaan, misal: di McDonald's atau KFC selalu ada bagian Karriere dimana akan ditulis lowongan-lowongan di cabang-cabang mereka di Jerman. Atau cukup jalan-jalan ke Hauptbahnhof atau pusat kota kamu, dimana ada banyak toko-toko. Biasanya disana sering ditempel lowongan kerja (misal: Verstärker gesucht! Stellenangebote, etc.)

Apakah kerja part time di Jerman dianjurkan?
Ini juga kembali lagi ke tiap orang masing-masing, bagaimana mereka bisa mengatur waktu. Intinya: jangan lupa, kamu kesini buat belajar bukan buat kerja. Jangan jadikan kerja part time sebagai cara untuk membiayai kuliah / biaya hidup kamu disini (karena nggak akan cukup) tapi jadikan kerja part time sebagai sarana untuk mendapatkan sedikit uang saku, memperbaiki bahasa Jerman kamu, dan memberi pengalaman di dunia kerja. Jika memang kerja part time kamu mengganggu studi kamu, maka kamu juga harus bisa mengambil keputusan untuk berhenti. Selamat belajar sambil bekerja :)

18 comments:

  1. Hai saya akan melanjutkan studi ke Jerman tahun depan. Setelah saya menyelesaikan Sprachkurs 3 bulan saya harus tunggu sekitar 2 bulan untuk masuk Studienkolleg. Kira2 selama lg nunggu untuk masuk Studienkolleg bisa bekerja gak yah? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, selama nunggu studienkolleg setau saya ga bisa kerja, karena visa kamu belum visa student. seinget saya saat Studkol pun kamu hanya bisa kerja waktu liburan.
      untuk lebih pastinya bisa kamu lihat di Aufenthaltstitel kamu kalau sudah jadi, akan dicantumkan berapa hari kamu boleh kerja.

      Delete
  2. Halo makasih infonya sgt berguna :D. Desember nanti sy mau lanjut studi di jerman, ada yg bilang ttg pekerjaan saat liburan (ferienjob) bekerja 2 bulan full 8jam sehari bisa mendapatkan gaji yang tinggi bahkan utk biaya hidup 1 tahun. Apa itu benar? Gimana cara mendapatkan ferienjob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo,

      untuk menjelaskan pertanyaan kamu mari kita hitung2an secara matematika. ambil contoh misal gaji kamu €7 per jam, kamu kerja 40 jam seminggu (full time, 8 jam sehari), berarti sebulan bisa dapat sekitar €1100, tapi perlu diingat bahwa:

      gaji diatas €450 akan dipotong pajak. gaji saya sampai saat ini masih terlalu kecil untuk dipotong pajak jadi saya tidak tahu berapa persen dari gaji kamu (kita asumsikan €1100) ini yang akan dipotong pajak.

      tapi saya kira meskipun gaji kamu tidak dipotong pajak dll pun maka gaji 2 bulan (anggap €2200) menurut saya tidak bisa untuk memenuhi kebutuhan hidup selama setahun, kecuali pengeluaran kamu sebulan hanya €200.

      jadi, berapa gaji yang kamu perlukan untuk bisa menutupi biaya hidup 1 tahun?

      oke kita asumsikan pengeluaran kamu sangat-sangat minim, €400 sebulan sudah termasuk Miete, makan, transport, asuransi, dll. berarti 1 tahun kamu butuh €4800.
      jika kamu bekerja 2 bulan, maka sebulan kamu harus mendapat gaji €2400. anggap kamu kerja full time (40 jam seminggu, 4 minggu dalam sebulan). maka gaji kamu kira-kira harus seminim-minimnya sekitar €15 per jam untuk mencukupi biaya hidup setahun.

      untuk pekerjaan kasar seperti waitress, bagian dapur, resepsionis, sangat jarang ada yang mau menggaji €15 per jam. pekerjaan dengan gaji seperti ini mungkin bisa kamu dapat jika kamu memiliki keahlian khusus dan bekerja di perusahaan, misal sebagai Werkstudent. Tapi jika kamu hanya berniat kerja selama 2 bulan saja maka saya rasa jarang juga perusahaan yang mau menerima, karena biasa perusahaan lebih prefer Werkstudent yang kerjanya part time tapi dalam jangka waktu lama, misal kontrak 6 bulan.

      untuk pertanyaan kedua, cara mendapat ferienjob coba buka di kimeta.de atau berbagai macam website jobbörse. google dengan keyword "stellenangebote (kota kamu)", atau einfach jika jalan2 di pusat kota melewati toko-toko coba perhatikan apa mereka sedang menghire pekerja. biasa pada bulan2 sebelum natal maka akan banyak department store / toko yang memerlukan pekerja2 temporary untuk Verstärkung, misal dalam bidang bungkus kado, kasir, dll.

      Delete
  3. infonya sangt berguna :D..saya rencana ingin bekerja pertengan tahun ini di jerman melalui agent/penyalur ..apakah melalui agent seperti itu bisa mendapatkan gaji yg besar dan potngannya besar atau tidak

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih gan,mohon di balas

      Delete
    2. jujur untuk pertanyaan kamu saya nggak tahu, karena post ini saya tulis untuk student yang ingin kerja sambilan, bukan yang ke jerman khusus untuk bekerja.

      Delete
  4. Halo felicia, guten abend. Kalo allowance bg pegawai indonesia yg ditraining di jerman sebesar 1200 euro/bln, apakah itu layak u biaya hid di Jerman? Trims.

    ReplyDelete
  5. Halo felicia, guten abend. Kalo allowance bg pegawai indonesia yg ditraining di jerman sebesar 1200 euro/bln, apakah itu layak u biaya hid di Jerman? Trims.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, kalau untuk student itu sudah lebih dari cukup, rata-rata student disini butuh sekitar €600 per bulan. tapi untuk pekerja saya kurang tahu karena yang pasti pengeluaran lebih besar (membayar sewa apartemen, asuransi, pajak, dll)

      Delete
    2. Danke felicia atas infonya.

      Delete
  6. Kalo saya mau ambil s2 di KIT pendaftarannya gimana ya ? Mohon infonyaaa :)

    ReplyDelete
  7. Kalo saya mau ambil s2 di KIT pendaftarannya gimana ya ? Mohon infonyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, cara pertama untuk bisa kuliah di jerman adalah, jangan malas untuk cari info. baca FAQ blog ini dan post2 yang lain ya, infonya sudah cukup jelas. info lainnya saya yakin bisa kamu temukan hanya dengan beberapa detik typing di google atau dengan masuk ke website KIT. good luck!

      http://lmgtfy.com/?q=master%27s+degree+kit

      Delete
  8. kak, aku sekarang kelas 2 SMK di kota Mataram NTB, ngambil jurusan teknik gambar bangunan yang nanti setelah lulus kompetensinya bisa jadi drafter* atau pengawas proyek konstruksi bangunan. Nah, di Jerman nanti, bisa gak aku ngelamar kerja part-time sebagai drafter atau pengawas proyek dengan ijazah SMK** yang aku pegang setelah lulus nanti?

    Mohon penjelasannya kak,
    Danke..

    *Tukang gambar proyek konstruksi dan sjenisnya, atau singkatnya anak buahnya arsitek
    **Tentu nanti akan saya terjemahkan ke bahasa jerman dengan penerjemah tersumpah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, kemungkinan melamar pastinya ada, tapi saya juga ngga tau apa bakal diterima atau nggak, keputusan di tangan perusahaan masing2. coba aja cari2 dan kirim lamaran.

      Delete
  9. hallo, wah untuk hal ini saya kurang tahu karena ga pernah lebih dari 450 euro juga. bisa dihitung disini: https://www.aok-business.de/bayern/tools-service/gleitzonenrechner/minijob-und-gleitzonenrechner-2016/

    info lebih lengkap disini contohnya: https://www.jobmensa.de/ratgeber/arbeitsmodelle/850-Euro-Job

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...