Thursday, June 6, 2013

Memilih Universitas di Jerman

Sedini mungkin diusahakan untuk mencari informasi tentang jurusan yang ingin diambil, dan lebih baik lagi jika mencari informasi tentang universitas yang dituju.

Universitas mana yang menawarkan program jurusan yang saya inginkan?
Untuk mencari jurusan yang diinginkan, bisa mencari di http://www.studieren.de. Disini akan diperlihatkan universitas mana saja yang menawarkan jurusan yang diinginkan. Bisa juga melihat di website DAAD. Kebanyakan program Bachelor yang ada di Jerman hanya menawarkan program studi berbahasa Jerman. Sementara untuk program Master, pilihan International Program (bahasa Inggris) sangat banyak untuk dipilih. Setelah menemukan universitas yang cocok untuk program studi yang dipilih, ada baiknya untuk membuka website universitas tersebut dan mengecek lagi di bagian "Studienangebot", apakah jurusan yang ditawarkan benar-benar ada, karena bisa juga terjadi, bahwa jurusan yang diinginkan sudah tidak lagi ditawarkan di universitas tersebut. 

Universitas mana yang paling bagus di Jerman? Mana yang paling bagus untuk jurusan A?
Pada dasarnya di Jerman tidak diberlakukan ranking untuk universitas, karena universitas merupakan universitas negeri yang standardnya tentunya disamakan oleh pemerintah untuk seluruh Jerman. Namun memang ada beberapa universitas-universitas yang menonjol dalam bidang tertentu dan mendapatkan dukungan / bantuan dana lebih banyak dari pemerintah. Ini berbeda-beda untuk setiap jurusan. Beberapa universitas yang biasanya menjadi favorit mahasiswa antara lain (sejauh yang saya tahu):
  • Teknik/Sains: TU München, RWTH Aachen, Uni Stuttgart
  • Medizin / Kedokteran / Farmasi: Universität Heidelberg, Charité Berlin, Universität Freiburg, Uni Göttingen, Universität Tübingen, LMU München
  • Informatik: Karlsruhe Institute of Technology, TU München
  • Musik: Universität Würzburg
  • Ilmu Sosial / Ekonomi / Humanities: FU Berlin, Humboldt Universität zu Berlin, Universität zu Köln
Ada juga beberapa kumpulan universitas yang membentuk badan universitas elit (seperti Ivy League) antara lain TU9, 9 Universitas Teknik "terbaik" di Jerman (kata terbaik disini saya beri tanda kutip karena memang seperti yang saya tadi bilang, di Jerman rata-rata kualitas universitasnya tidak terlalu berbeda satu sama lain, dan selain itu ada juga universitas teknik yang menurut saya memiliki kualitas yang baik yang tidak tergabung di TU9 ini). Selain TU9, ada juga istilah "11 Eliteuniversitäten Deutschlands" atau 11 universitas elit di Jerman yang dipilih oleh Excelence Initiative, sebuah badan yang bekerja dibawah Departemen Pendidikan Jerman. Info selengkapnya di sini

Uni vs. FH, mana yang lebih baik?
Di Jerman, perguruan tinggi (Hochschule) terdiri dari 2 jenis, yaitu Universitas (Universität) dan University of Applied Science (Fachhochschule / FH). Istilah "Hochschule" sendiri lebih banyak digunakan untuk FH. Dua-duanya memberikan gelar yang sama dan setara, bedanya adalah universitas lebih mengedepankan teori, sedangkan FH lebih banyak ke arah praktek. Mana yang lebih baik? Sebenarnya tergantung dari minat masing-masing. Bila memang lebih suka praktek, bisa memilih FH. Sebaliknya jika bila lebih suka teori, bisa masuk ke Uni. 

Jika sudah menemukan universitas yang ingin dituju, bisa membuka website jurusan yang diinginkan di universitas tersebut untuk membaca tentang modul-modul yang ditawarkan dalam program studi tersebut serta cara-cara pendaftarannya. Lebih baik lagi jika mencoba untuk mengontak Studienberater (konsultan calon mahasiswa) atau International Office di universitas tersebut untuk mendapatkan informasi tentang cara pendaftaran, syarat-syarat yang diminta, dll. Kebanyakan konsultan di International Office ini bisa berbahasa Inggris.

32 comments:

  1. Halo, kak! Tolonh rekomendasikan universitas untuk jurusan Communication and Media Studies dong hehehe terimakasih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Nadys! Untuk medien ada temen jg yang ambil itu di Uni Düsseldorf, kalo uni yang lainnya, ga berani kasi rekomendasi sih secara ga punya byk info tentang jurusan ini. Rata2 uni di Jerman sih kualitasnya ngga beda jauh, jadi tinggal kamu pilih aja mana yg kamu suka kotanya, isi pelajarannya (bisa lihat di website uni / fakultas).

      Delete
  2. halo kak felicia, bisakah sharing saat mendaftar di UT Berlin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, prosesnya sama dengan mendaftar ke uni lainnya (pake uni assist). sudah pernah saya tulis di blog ini

      Delete
  3. hallo kak felicia. kalo mau ngambil jurusan bisnis management yg bagus itu di universitas mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, saya kurang tau kalo bisnis management, tapi kalo bisnis / bwl biasa di lmu, uni frankfurt, uni mannheim. secara umum kualitas uni di jerman rata-rata sama

      Delete
  4. Hallo kak felicia, Lebensmitteltechnologie di TUM itu kan zulassungsfrei, tapi temenku daftar dan ga dapet Zulassung karna ada masalah sama Beglaubigung dari Übersetzung ijazah indonya, pdhl dia pake jasa penerjemah tersumpah dan cuma di TUM ga dapet Zulassung. waktu dulu kakak daftar di TUM, dokumennya pake extra Beglaubigung ngga dari Ausländerbehörde di jerman, atau biasa aja? makasih banyak atas jawabannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, kalo posisi kamu di Jerman mungkin bisa coba tanyain secara langsung dengan datang ke Student Service Zentrum atau kontak lewat telp, karena dari pengalaman jawaban dari email study@tum.de suka ngaco. bisa juga tanyakan langsung ke Ansprechpartner dari Studienfakultät Lebensmitteltechnologie, http://www.studienfakultaet.de/content/ansprechpartner

      waktu daftar yg aku kirimkan dokumen + terjemahan dari penerjemah tersumpah, cuma ijazah Studienkolleg aja yg dibegläubigt oleh Botschaft di Jakarta.

      Delete
  5. hallo, aku baca comment diatas yang jurusan Communication dan Media Studies. itu ada untuk s2 nya juga? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, sori saya kurang tahu juga, coba buka link yang saya tulis di post (studieren.de)

      Delete
  6. Hai KAK Felicia, kakak ngurus asuransi untuk kuliah disana di mana kak? ... Kalau pakai asuransi yang do Indonesia bisa atau tidak ya kak?... Kak kalau mau ambil hukum dimana ya kak? Aku sih maunya di kota kecil/desa...

    Vielle Grüße
    Vanny

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, tema asuransi udah pernah saya tulis di blog ini. dibaca dulu ya. untuk melihat uni apa yg menawarkan program hukum bisa klik di link yg udah saya tuliskan di post diatas. ya tinggal pilih aja kota yg km suka.

      Delete
  7. Hai kak Felicia. Kalau mau daftar jrusan seni untuk program S2 di univ mana ya? Makasihh

    ReplyDelete
  8. Hai kak Felicia. Kalau mau daftar jrusan seni untuk program S2 di univ mana ya? Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, saya kurang tau juga karena seni banyak macamnya disini. bisa coba google jurusan yang diinginkan biasanya juga langsung keluar uni2 yang menawarkan program studi tersebut.

      Delete
  9. Halo kak. Saya juga lulusan dri STK Indo nih 27.JG. mau tnya utk Studiengänge yg kein NC itu berarti selama dokumen kita dterima tepat waktu dan tdk ada masalah psti diterima ya? Atau ad semacam seleksi jg dari nilai UN dan FSP? Danke für die Antwort

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, iya kalau yg zulassungsfrei so far semua dokumen terpenuhi dan tepat waktu diterima sih.

      Delete
  10. Hallo Kak Felicia,

    Aku sekarang lg Studienkolleg di Hannover, harapan aku nanti bisa kuliah Chemieingenieurwesen di TU München juga hehe.

    Mau tanya kak, menurut website TUM, beberapa jurusan di TUM itu kan tidak NC tapi juga tidak zulassungsfrei. Tapi ada Eignungsverfahren nya. Maksudnya apa ya kak? Apakah ada interview/batas nilai minimum?



    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Anna, jawaban pastinya dari website TUM:

      Zunächst werden die Abiturnote sowie fachspezifische Einzelnoten mittels eines Punktesystems ausgewertet. Welche Noten herangezogen werden und inwieweit sie gewichtet sind ist vom gewählten Studiengang abhängig. In der Satzung eines Studienganges ist die Formel angegeben. Je nach Höhe der erreichten Punktzahl werden die Bewerber und Bewerberinnen entweder sofort zugelassen, abgelehnt, oder zu einem etwa 20minütigen Auswahlgespräch direkt von der Fakultät eingeladen. Durch das Gespräch soll festgestellt werden, ob der Bewerber/die Bewerberin erwarten lässt, das geplante Studium erfolgreich zu absolvieren. Ein schriftlicher Test findet nicht statt.

      Delete
  11. Hallo Kak! Saya mau tanya apa sih bedanya stk swasta dan negeri ? Dan emang bener lebih mending stk Indonesia dibandingkan stk swasta di jerman ? Dan apa sih perbedaanya stk swasta dan negeri di jerman ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, bedanya kalo swasta bayar mahal. Cara pengajarannya dll saya gak tau detail sih.
      Soal studkol Indo dibanding studkol swasta, ada plus minus masing2 ya. Kalo studkol swasta di Jerman pastinya lebih banyak ngomong jerman karena tinggal di Jerman, tapi dibanding studkol Indo yg sama2 bayar mahal, biaya hidup di Jerman pasti jauh lebih mahal drpd di Indo dan godaannya lebih banyak (internet, game, jalan2).

      Delete
  12. Ka kalo mau kedokteran di jerman , universitas nya biasanya melihat nilai rata" rapot SMA atau nilai akhir studkol ?? Klo rata" rapot sma , kira" berapa ya untuk kedokteran ..dan brp kira kira nilai akhir studkol nya ka yg biasa diterima , mksh ya ka :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, pertanyaannya udah dijawab ya di halaman satunya. tlg nanyanya sekali aja :)

      Delete
  13. Hello kak Felicia, kakak ada saran kalau mau kuliah di Jerman jurusan Fashion Designer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, sampai saat ini belum ada teman / kenalan yang kuliah jurusan itu dan kyknya kalo mau jadi fashion designer kayaknya kurang cocok kuliah di jerman (less fashion scene than Paris / Milan).

      Info lebih lanjut:
      https://www.studis-online.de/Studienfuehrer/modedesign-studieren.php

      kalau mau pilih jerman karena kuliah disini murah, mesti cari juga sih uni negri mana yg menawarkan jurusan ini karena sepertinya cuma beberapa aja, kebanyakan uni swasta yang menawarkan. Kalau di uni swasta, jadi sama aja sih harus bayar mahal, mending ke Paris / Milan sekalian).

      List uni di jerman yg menawarkan fashion design:
      https://www.studis-online.de/StudInfo/studienfach.php?nr=361&what=Mode-Design

      Delete
  14. Halok kak, aku rencana mau ambil s1 jurusan business administration kira" menurut kakak mending aku ambil UNI/UAS? klo aku ambil UAS ngaruh utk kedepannya kah ketika mau ambil s2/kerja? ad rekomendasi UNI/UAS utk jurusan business administration?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, aku ga bisa pastikan sih kalau uni lebih baik dari fh atau sebaliknya, tergantung tempat kuliahnya masing2 dan kamu sukanya gimana. Kalau FH mungkin kelebihannya adalah banyak prakteknya. Kalau uni menurutku yang dipelajari lebih mendalam. Selain itu uni --terutama uni2 terkenal--juga biasanya punya jaringan yg lebih besar untuk z.B exchange semester, summer course, dll. Untuk bisnis juga aku kira bagus kalau kuliah di kota besar karena lebih bnayak kesempatan untuk cari kerja sambilan / Praktikum. Tapi ini juga bukan 100% pasti gitu sih, karena aku juga ngga kuliah bisnis. Lebih baik sih lihat modul kuliahnya, apa aja yang akan diajarin, apa kamu tertarik dgn pelajaran2nya.

      Untuk S2 sih menurutku kalau S2 sesama Jerman asal uni ngga terlalu penting ya, nilainya lebih berpengaruh. Untuk S2 di luar negri aku kurang tau. Untuk kerja juga tergantung sekali sih, ada yang bilang kalau lulusan uni bagus lebih besar chance untuk dapat interview, ada yang bilang ngga ngaruh. Tapi yg aku lihat kalau di Jerman yang lebih penting pengalaman kerja. Kalau untuk kerja di Indo misalnya, baru kayaknya lebih berpengaruh kamu lulusan mana.

      Rekomendasi Uni untuk bisnis sih mungkin yang udah banyak orang tau memang bagus untuk jurusan2 ini.. Uni Mannheim, LMU. (Selebihnya bisa dilihat juga di internet)

      Delete
  15. Halo kak, kalau misal baru lulus sma, biasanya harus dpt daftar dan dpt surat keterangan 'diterima' di salah satu univ apa mending daftar dlu di salah satu studkol? soalnya bbrp studkol di jerman ada yg ketentuannya itu hrs diterima di univ yg bersangkutan spy studkolnya gratis, benerkah kak?

    ReplyDelete
  16. Assalamualaikum kak
    Kenalin aku bayu,mahasiswa S1 di teknik pertanian dan biosistem di ipb(nama lainnya teknik mesin dan biosistem). Aku punya niat dan mimpi buat juliah di S2 di jerman😁,kira2 jurusan yg cocok buat aku apa ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, banyak sekali sekarang jurusan di Jerman, saya kurang tau detailinya. bisa lihat2 di studieren.de sesuai yg kamu suka :)

      Delete
  17. halo ka, saya baru lulus s1 jurusan olahraga dan berniat melanjutkan studi di jerman. kalau mau tau jurusan jurusan dan universitas yang berkaitan dengan olahraga dimana ya ka? mohon bantuannya. terima kasih.

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...