Thursday, June 6, 2013

Pengisian Formulir Visa Studi ke Jerman

Untuk membuat visa studi di Jerman syarat utamanya adalah mengisi formulir permohonan. Saya sendiri sempat bingung dengan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang ada di formulir ini. Berikut rincian pertanyaan yang menurut saya agak membingungkan dan perlu diperhatikan.

3. Penulisan tanggal lahir: DD.MM.YYYY (01.01.2013)

5. Staatsangehörigkeiten: Indonesien

11 Paß oder sonstige Reiseausweis:
          Genaue Bezeichnung: PASSPORT REPUBLIC OF INDONESIA
          Nr: (nomor passport)
          Gultig bis: (tanggal kadaluarsa paspor, mis: 1 jan 2018)
          ausgestellt von: CHIEF OF IMMIGRATION OFFICE, (nama kota tempat membuat paspor)
          ausgestellt am: (tanggal paspor mulai berlaku, mis: 1 jan 2013)

12 Rückkehrberechtigung: Dikosongi

13 Eingereist am: dikosongi

15 Tulis kota yang dituju sesuai di Zulassung (misal pakai Zulassung dari Hannover, tulis Hannover)

16 Zugezogen am: dikosongi

17 Wird…beibehalten? JA. und ggf. wo? (tulis alamat rumah)

18 Sollen...mit einreisen? NEIN (pilihan "Ja" hanya jika anggota keluarga kamu nantinya akan ikut tinggal di Jerman bersama kamu, bukan hanya mengantar)

19 dikosongi

20 Zweck des Aufenthalts: STUDIUM
     Arbeitgeber: kosong
     Name der Verwandten, der Studienanstalt…: Nama universitas yang akan dituju
     Deren Anschrift: Alamat universitas yang akan dituju
     Beabsichtige Erwerbstätigkeit: Kosong

21 Erlenter Beruf: kosong

22 Haben Sie…Arbeitsverwaltung? NEIN

23 Beabsichtige Dauer des Aufenthalts: vom (kira-kira mau ke Jerman tanggal berapa? Misal Agustus 2013 tulis 01.08.2013) bis ENDE DES STUDIUMS (kira-kira 4 tahun dari vom)

Catatan: Menurut petugas visa yang melayani saya, visa studi berlaku minimal 2 minggu sebelum tanggal Immatrikulation. Jadi misal Immatrikulation universitas kamu tanggal 15 September, maka visa kamu akan berlaku mulai 1 September.

24 Aus welchem Mitteln? FAMILIE / ELTERN

25 Sind Sie vorbestraft? Nein. yang lain kosong

26 Sind sie…verweigert worden? NEIN

27 Leiden Sie an Krankheiten? NEIN (Jika tidak). Besteht Krankenversicherungsschutz für die Bundesrepublik Deutschland? NOCH NICHT, WIRD ABER IN DEUTSCHLAND ABGESCHLOSSEN

Ich beantrage die Aufenthaltserlaubnis für 4 Jahre (jika pada poin 23 menulis 4 tahun)

Jetzige Anschrift:
         Ort: Kode Pos, Kota
         Nama Jalan (Alamat)

9 comments:

  1. Halo,

    saya siang ini baru dari kedutaan dan visa saya di tolak karena saya menggunakan "Confirmation of Application" dari JGU Mainz, yang kata suratnya bisa digunakan sebagai pengganti Zulassung (yang nantinya akan datang) dan juga memiliki cap Zulassung International. tapi sama kedutaan tetap di tolak.

    saya berencana Juli sudah berangkat, atau at least 1 Agustus sudah tiba di Jerman. lebih baik saya daftar Sprachkurs & mengajukan visa Sprachkurs, atau tunggu hingga Zulassung tiba tanggal 14 Juli? (14 Juli karena termin yang paling dekat hanya itu, sisanya full-booked). Dokumen &pembayaran saya sudah tiba di uni-assist dari tanggal 8 Mei 2014, dan saya menunggu Zulassung dari Munich & Mainz yg saya blm tau progressnya.

    Terus, apa juga bener kalo visa Sprachkurs itu lebih lama keluarnya dibanding Studium yg menggunakan Zulassung? Kata orang kedutaan, Sprachkurs butuh 5-8 minggu, kalau pake Zulassung bisa hanya 3-4 minggu. Either way jatuhnya jadi hampir sama aja kan soalnya.

    Danke im Voraus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. confirmation of application setahu saya ga bisa dibuat apply visa, hanya Zulassung yang bisa. untuk lebih amannya sih saya kira lebih baik pake Zulassung. Dulu memang bisa daftar dengan Zulassung dari Sprachkurs tapi saya denger2 sekarang lebih sulit.
      Untuk lama proses pengerjaan visa juga setahu saya 3-8 minggu.

      Maaf ga bisa membantu banyak, untuk masalah pengajuan visa memang kita kadang ga tahu alasan ditolaknya dan kapan keluarnya.

      Delete
  2. ijazah asli harus dibawa? sama asuransi perjalanan harus ada?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk jaga2 bawa aja ijazah aslinya. asuransi perjalanan tidak perlu bikin.

      Delete
  3. Halo kak, mau tanya...

    Kalau mau mendaftar visa nasional melalui sprachkurs, apakah kita harus daftar program sprachkurs yang berlangsung selama 3 bulan? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo,

      beberapa teman ada yang tidak mendaftar program Sprachkurs selama 3 bulan, tapi ada beberapa lembaga Sprachkurs yang tidak mau memberikan Zulassung untuk visa jika kamu mendaftar kurang dari 3 bulan.

      Menurut halaman ini:

      http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/3453956/Daten/3190051/sprachkurs.pdf

      berlaku ketentuan lain untuk Sprachkurs kurang dari 3 bulan. Ketentuan lainnya seperti apa, sayangnya saya kurang tahu. Peraturan visa sering berubah, jadi mungkin saja apa yang berlaku beberapa tahun lalu saat saya apply visa sudah berubah sekarang. Coba email ke bagian visa di kedutaan, dari pengalaman saya mereka selalu memberi balasan yang jelas

      Delete
  4. Hallo kak.. Saya mau nanya nih..

    Kemarin saya udah kedubes untuk membuat visa sprachkurs, saya udah bawa semua persyaratan untuk membuat visa sprachkurs, tapi setelah di kedubes saya diminta ijazah, skhun, raport yg telah diterjemahkan dan bukti contact dengan univ di jerman..
    Padahal lampiran seperti ijazah dll tidak ditulis dalam pembuatan visa sprachkurs..
    Punya solusi untuk masalah yg satu ini ga kak?
    Soalnya saya udah mulai kursus bahasa di jermannya bulan maret..

    Makasih ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, setahu saya memang untuk visa sprachkurs kalau yang diperuntukkan untuk studi harus melampirkan skhun/ijazah/rapot/bukti kelulusan.

      satu-satunya solusi, ya, melengkapi dokumen2 ini, atau bisa juga jika visa kamu ditolak kamu coba mengajukan keberata ke kedubes dengan alasan bahwa persyaratan ini ngga ada di ketentuan visa untuk sprachkurs

      sori nggak bisa membantu banyak :/

      Delete
    2. Gpp kak.. Palinga aku bawa terjemahan ijazah, skhun dan raport aja.. Contact uni nya ga usah..
      Makasih ya kak solusinya :D

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...