Friday, June 7, 2013

Motivationsschreiben

Idealnya Motivationsschreiben yang baik adalah 1 halaman A4, sekitar 500-750 kata. Jangan membuatnya terlalu panjang, karena perlu diingat: pihak universitas menerima ratusan bahkan bisa ribuan pendaftar yang masing-masing menulis Motivationsschreiben yang berbeda dan mereka harus membacanya satu-satu. Diusahakan tidak ada kesalahan grammar dan penulisan dalam membuat Motivationsschreiben karena dengan membaca tulisan ini pihak universitas akan tahu kemampuan bahasa Jerman kita seberapa. Ditulis seperti halnya kita akan mengirim email. Diawali dengan Sehr geehrte(r) Damen und Herren, dan ditutup dengan Mit freundlichen Grüßen, nama.

Isi dari Motivationsschreiben: 
  • Salam pembuka, perkenalan diri (nama, umur, asal, pendidikan terakhir, jika studkol: Ich habe in diesem Jahr am Studienkolleg … meine Feststellungsprüfung mit der Abschlussnote von … bestanden), pernyataan bahwa dengan tulisan ini saya akan menjelaskan alasan saya mendaftar ke jurusan …. di universitas anda
  • Alasan, kenapa tertarik dengan jurusan tersebut (misal jika mendaftar ke jurusan teknik kimia, jelaskan kenapa tertarik dengan kimia / teknik kimia secara general)
  • Kenapa ingin studi di Jerman. Jangan hanya menulis "karena murah" atau "karena bagus". Jelaskan lebih spesifik, bagusnya seperti apa, dll. 
  • Apa yang menarik dari jurusan yang ditawarkan di universitas tersebut (misal: apa yang membuat kamu tertarik mendaftar ke jurusan teknik kimia universitas X? Apa spesialnya?)
  • Ekspektasi pekerjaan (Berufliches Ziel, ingin kerja dimana? Bagaimana bisa masa studi kamu di universitas ini membantu kamu dalam mencapai harapan jabatan yang diinginkan?)
  • Schwerpunkt / titik berat yang menarik dari jurusan yang ditawarkan di universitas tersebut (baca modul / studienverlaufsplan dari jurusan yang diinginkan di website universitas. jika ada yang menarik, sebutkan dan berikan alasan mengapa)
  • Mengapa ingin studi di universitas tersebut? (kualitasnya kah? keberadaan murid internasional yang banyak? dll)
  • Keterangan tentang Vorpraktikum / Berufsausbildung, jika diminta. Apa yang dipelajari selama pengalaman kamu bekerja?
  • Deskripsi diri sekilas (sifat-sifat positif, penting: saya senang bekerja sendiri, tapi juga suka berpartisipasi dalam team), hobi, minat
  • Penutup (saya tahu bahwa tidak mudah untuk mendapatkan tempat di jurusan ini, tapi saya yakin bahwa saya bisa memenuhi persyaratan yang ada.)
                                              

4 comments:

  1. Halo ka,untuk daftar melalui uni assist kita harus bikin satu Motivationsschreiben untuk satu uni atau cukup satu Motivationsschreiben untuk semua uni?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya dulu satu Motivationsschreiben untuk satu Uni, karena tentunya setiap Uni pengen dianggap spesial dan setiap uni punya hal-hal spesifik di jurusan yang mereka tawarkan. waktu saya bener2 ga ada ide at least di setiap Motivationsschreiben saya ubah nama Jurusan dan nama Uni yang dituju

      Delete
  2. halo kak, izin tanya kalau surat motivasi ini hanya untuk mendaftar universitas atau studienkolleg juga ya? terima kasih kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, surat motivasinya tentu bisa dijadikan inspirasi untuk daftar studienkolleg juga. Bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, tapi layoutnya kurang lebih harusnya sama

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...