Friday, June 7, 2013

Mencari Tempat Tinggal di Sekitar BSD (bagi murid Studienkolleg Indonesia)

Studienkolleg Indonesia, pada saat saya masih disana, letaknya di Deutsche Internationale Schule (DIS), Jalan Puspa Widya No 8, di belakang Rumah Sakit Medika BSD. Tapi menurut informasi yang saya dapat mulai bulan Mei kemarin Studienkolleg Indonesia sudah pindah di German Centre. Tempatnya tetap di BSD, tapi German Centre ini dekat dengan mall Teraskota dan Rumah Sakit Eka Hospital, di seberang Supermarket Giant BSD. Selama saya menjadi murid Studienkolleg dan tinggal di BSD sendiri, saya rasa daerah ini cukup nyaman buat anak kos karena hampir semua yang dibutuhkan bisa dicapai hanya dengan beberapa menit naik taksi / angkot. Terdapat bioskop, mall (meskipun memang tidak bisa dibandingkan dengan mall di Jakarta), rumah sakit, klinik, supermarket, gereja, masjid, dll. Bagi kamu yang akan ke Studienkolleg Indonesia dan sedang mencari tempat kos, berikut beberapa tempat kos yang saya tahu:

Giri Loka 1 Blok I no 3 
Ini dulu tempat kos saya. Kos ini kos campuran. Tempatnya cukup mudah untuk dicapai. Dari pintu utama BSD (yang ada simbol BSD City, dari arah Alam Sutera) cukup lurus sampai melewati BSD Plaza, nantinya akan ada tulisan "Giri Loka 1". Begitu masuk portal, belok kiri lalu lurus hingga mencapai rumah I/3 yang berada tepat di belakang BSD Plaza. Karena dulu Studienkolleg (Studkol) masih di DIS, jarak tempat kos saya ke Studkol sekitar 10 menit dengan sepeda dan sekitar 25 menit jalan kaki. Biaya kamar kos saya 1,75 jt. Ini termasuk kamar mandi dalam, listrik, cuci baju, air minum, TV, kulkas, tapi tidak termasuk internet. Memang fasilitasnya kurang lengkap (jika melihat harganya yang cukup mahal) tapi yang saya suka dari tempat kos disini adalah akses ke jalan utamanya yang dekat. Di seberang kos (tepat di depan kos) terdapat BSD Plaza. Cukup jalan 1 menit dari kamar kos kita bisa pergi ke BSD Plaza. Mall ini memang tidak terlalu bagus tapi paling tidak kebutuhan sehari-hari seperti Super Indo, Solaria, Holland Bakery, KFC, bahkan Studio XXI ada disini. Dari BSD Plaza kita juga bisa langsung keluar menyegat taksi.

Taman Provence 21
Rumah kos ini dulunya favorit murid-murid Studkol, dan memang isinya khusus untuk anak Studkol, karena sangat dekat dengan DIS, tidak perlu menyebrang jalan besar (tidak seperti jika kos di Giri Loka). Harga kamar sekitar 1,1 sampai 1,5 jt, termasuk internet, listrik, cuci baju, air minum, fasilitas memasak, tapi kamar mandi bersama. Kekurangannya adalah kebersihan rumah kos yang tidak terlalu baik. 

Giri Loka 2 Blok P
Ini juga salah satu tempat kos favorit murid-murid Studkol di masa saya. Harga sewa kamarnya sangat murah (hanya 1 juta per bulan), fasilitasnya lengkap, namun kurang bersih. Salah satu keuntungan di kos ini yaitu penjaga kos juga membuka depot sehingga tidak perlu bingung tentang makanan. 

Puspita Loka Blok G2 no 1 (Puspita House)
Ini tempat kos dari salah satu teman saya. Menurut dia memang tempat kos ini salah satu yang paling baik di BSD. Harganya cukup murah: 1,1 juta per bulan. Kamar mandi di luar, tapi fasilitasnya sangat lengkap, antara lain: air panas, air minum, internet, TV kabel, fasilitas memasak, kulkas, cuci baju, dll. Jarak dari kos ini ke DIS sekitar 5-10 menit dengan sepeda, 30 menit dengan berjalan kaki.

Rumah-rumah kos diatas adalah beberapa tempat yang saya tahu yang dekat dengan Studkol di DIS. Tapi karena Studkol sudah pindah ke German Centre, maka tentu jarak tempat kos diatas lumayan jauh dengan German Centre (jika menggunakan sepeda / jalan kaki). Tapi dengan menggunakan angkot jarak antara tempat kos ke German Centre tidak terlalu jauh, hanya sekitar 5-10 menit. Berikut beberapa tempat kos yang menurut saya lumayan dekat dari German Centre:

Anggrek Loka AC 15
Salah satu dari teman saya juga pernah menempati kos ini. Kamarnya bisa dibilang cukup mewah untuk ukuran kos, harganya pun tidak terlalu mahal (1,5 juta per bulan). Ini termasuk kamar mandi dalam, internet, air minum, cuci baju, dll. Akses dengan toko seperti Indomaret pun cukup dekat. Di sekitar kompleks Anggrek Loka banyak warung-warung tempat makan. Sayangnya kos ini khusus untuk cewek. 

Casa Vanda
Kos ini tepat bersebelahan dengan Anggrek Loka AC 15. Baru saja selesai dibangun akhir tahun 2012. Menurut saya kos ini juga salah satu kos yang mewah. Untuk keamanan maka penghuni kos masuk dengan menggunakan fingerprint scan. Jumlah kamar kos cukup banyak (3 lantai), tapi juga seingat saya kos ini memang diminati jadi mungkin saja penuh. Harga kamar kos sekitar 1,5 juta (seingat saya), termasuk kamar mandi dalam, internet, air minum, microwave, fasilitas dapur yang lengkap, cuci baju, dll. Untuk informasi lebih lanjut silakan klik di sini

Untuk tempat kos lainnya, saya kurang tahu menahu. Yang saya tahu, banyak sekali tempat kos di daerah Anggrek Loka ini, dari yang kurang meyakinkan hingga yang memang cukup mewah didirikan khusus untuk tempat kos. Bagi kamu yang memang sedang mencari tempat kos, cukup tanya ke satpam masing-masing kompleks tentang ada tidaknya tempat kos di daerah itu. Saya sendiri pernah menjelajahi tempat-tempat kos di daerah Anggrek Loka untuk menemani teman yang sedang mencari kos dan menemukan cukup banyak tempat kos di daerah ini.

Update!

Boulevard Residence
Baru-baru ini saya mendapat info dari teman saya yang sekarang sedang belajar di Studienkolleg di German Centre. Dia sendiri kos di daerah Boulevard Residence dan menurut saya tempat kosnya sangat strategis. Letaknya persis di belakang Alfa Midi (Ada gang kecil dengan tulisan "Boulevard Residence"). Cukup masuk di gang ini dan kamu akan menemukan banyak sekali tempat kos yang bisa dipilih. Harganya memang relatif mahal, sekitar 2 juta per bulan. Tapi fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap (bahkan ada TV di dalam kamar) dan lokasi Boulevard lebih strategis daripada Anggrek Loka karena cukup keluar dari kompleks Boulevard, anda akan langsung bisa menuju perempatan utama Anggrek Loka (dimana di seberang kamu bisa melihat Eka Hospital). Karena daerah perempatan, maka untuk menyebrang jalan lebih mudah dengan adanya lampu lalu lintas. Cukup menunggu lampu merah dan kamu bisa menyebrang dengan nyaman. Beda sekali dengan saat saya di daerah Giri Loka dulu, harus menyebrang di jalan besar dimana tidak ada lampu merah atau lampu pejalan kaki dan mobil-mobil sering melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk menuju German Centre dari perempatan utama Anggrek Loka, cukup menyebrang ke Eka Hospital, lalu jalan ke arah kiri sampai pojok trotoar (akan ada perempatan lagi dimana kamu akan menemukan Giant). Sampai di perempatan ini, belok kanan ke arah Teraskota. 

Beberapa tips dalam mencari tempat kos:
  • Pastikan lingkungan tempat kos tidak terlalu ramai. Ini sangat penting!!! Lingkungan yang ramai (misal, banyak anak kecil, banyak penghuni yang suka ribut) akan membuat kamu susah untuk belajar / mengerjakan tugas
  • Jika memang tidak ada kendaraan pribadi, pastikan tempat kos dilalui oleh angkot & transportasi umum lainnya serta taksi, sehingga mempermudah jika inin bepergian
  • Tips memilih kamar di sebuah tempat kos: Jangan lupa untuk menguji apakah kamar kos yang akan kamu tempati memiliki koneksi sinyal telepon dan internet yang baik. Meskipun misal tempat kos tersebut mengatakan bahwa memiliki fasilitas internet namun jika kamar jauh dari modem maka bisa terjadi bahwa koneksi internet di kamar akan menjadi lambat atau bahkan sering terputus. Pengalaman saya saat kos, kamar kos saya terletak di lantai 2 sehingga sinyal telepon dan internet selalu penuh. Jauh berbeda dengan saat saya membawa telepon saya ke lantai bawah kos-kosan dimana sinyal telepon langsung hilang.
  • Jangan terlalu terburu-buru dalam mencari kos. Jika memang tidak sreg dengan satu kamar kos, jangan buru-buru mengambilnya karena murah. Suasana kos yang tenang dan nyaman menurut pengalaman saya adalah faktor yang paling penting dalam kenyamanan hidup di kos

5 comments:

  1. kak ini maksudnya apa deh? Studienkolleg Indonesia? kita harus ngapain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain di Jerman ada pilihan juga melanjutkan Studienkolleg di Indonesia, Studienkolleg ini kerjasama dengan Studienkolleg Hannover. Silakan baca dulu ya posting2 saya tentang Studienkolleg.

      http://therookieadvisor.blogspot.com/2013/06/studienkolleg.html

      Delete
  2. Halo kak Felicia,
    Aku mau tanya kalo naik sepeda ke german centre itu ada tempat parkir sepedanya gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, rata2 gedung di BSD ada parkiran sepedanya, tapi aku sendiri ga pernah masuk german centre jadi ga bisa memastikan

      Delete
  3. Ka boleh ditambah ada juga kos disadhana Residence tempatnya cukup nyaman dan aman karena ada security 24 jam

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...