Thursday, June 6, 2013

Pembuatan Rekening Deutsche Bank

Salah satu syarat untuk studi di Jerman adalah siswa mempunyai bukti kemampuan finansial yang cukup. Hal ini ditunjukkan dengan membuka rekening khusus untuk mahasiswa di Deutsche Bank. Siswa membuka blocked account yang diperuntukkan untuk mahasiswa, dan sebelum mengajukan visa mengisinya dengan minimal 8.040 Euro, yang akan dipakai untuk biaya hidup siswa selama satu tahun. Setiap bulan siswa hanya bisa mengambil sebanyak 670 Euro dari blocked account ini (8.040/12 = 670). Untuk mengambil lebih banyak maka siswa perlu mentransfer jumlah yang lebih banyak dari 8.040 Euro. Karena pembuatan rekening di Deutsche Bank ini tidak memerlukan syarat-syarat khusus seperti bukti penerimaan universitas atau bukti kelulusan Studienkolleg, ada baiknya rekening ini dibuat pada masa Studienkolleg di Jakarta (kedutaan Jerman juga di Jakarta jadi bisa menghemat transportasi). Nah, begini step by step cara membuat rekening di Deutsche Bank.
  1. Mengisi formulir. Bisa diperoleh dengan mengirim email ke pihak Deutsche Bank (db.student@db.com), menyatakan akan membuka rekening blocked account, dan meminta formulir pembukaan rekening (bisa dalam bahasa Inggris), atau bisa mendownload formulir ini dalam bentuk pdf di sini atau versi bahasa Inggris di sini. Informasi lebih lanjut tentang pembukaan rekening Deutsche Bank bisa kamu lihat di website Deutsche Bank. Formulir ini HARUS DIISI DENGAN KOMPUTER, bukan dengan tulisan tangan. Setelah itu formulir di print dan ditanda tangan oleh siswa (bukan orang tua).
  2. Menyiapkan dokumen. Beberapa dokumen yang harus dipersiapkan antara lain fotokopi paspor, formulir permohonan dan paspor asli. Untuk siswa yang masih belum berumur 18 tahun perlu melampirkan fotokopi akte kelahiran, akte kelahiran asli, paspor orang tua dan fotokopinya.
  3. Datang ke Kedutaan. Semua dokumen diatas dibawa ke kedutaan Jerman di Jakarta yang berada di jalan MH Thamrin 1 (Bundaran HI, sebelah Hotel Mandarin) ke bagian konsuler (lantai 1). Untuk bagian konsuler tidak perlu membuat appointment sebelumnya. Nanti saat datang di kedutaan hindari membawa barang yang tidak perlu, karena barang-barang kamu (HP, dompet, dll.) harus dititipkan di satpam kedutaan. Usahakan untuk datang sepagi mungkin untuk menghindari antrian. Perlu diingat, kedutaan Jerman tutup sekitar jam 3 sore. Pembuatan rekening sendiri dikenakan 20 Euro dan untuk anak dibawah umur sekitar Rp 900.000. Beruntung, saat saya membuat rekening DB (20 Maret 2013), saya tidak dikenakan biaya apapun. Namun saya dengar belakangan sudah diberlakukan biaya. Di kedutaan dokumen ini akan ditanda tangan dan disahkan.
  4. Mengirim semua dokumen yang telah disahkan ini per pos (bukan scan / email) ke Deutsche Bank di Leipzig. Setelah kira-kira 2-3 minggu pemohon akan mendapatkan email dari Deutsche Bank yang berisi berita bahwa rekening telah dibukakan, nomor rekening kamu dan beberapa informasi lainnya. Yang perlu kamu lakukan setelah itu adalah mentransfer uang 8.040 Euro tersebut sebagai bukti keuangan untuk mengajukan visa.
 Informasi selengkapnya bisa diperoleh dengan mendownload pdf ini

37 comments:

  1. Hallo,

    info ini saya dapat dari website Uni Hamburg:

    Ja, wenn ausreichender Wohnraum zur Verfügung steht und die Finanzierung gesichert ist. Wenn Ihr/e Ehepartner/in ebenfalls zu Studienzwecken einreisen will, gelten dafür dieselben
    Bedingungen wie für Ihren Aufenthalt. Ist dies nicht der Fall, müssen
    Sie über so viel Einkommen verfügen, dass Ihre Familie in Deutschland keinen Anspruch auf Sozialleistungen hat. Wie viel dies im Einzelfall ist, erfahren Sie von Ihrer zuständigen Ausländerbehörde bzw. im Visumsverfahren von der deutschen Auslandsvertretung.

    Saya rasa istri kamu tidak perlu membuka lagi rekening Deutsche Bank tapi kamu harus memiliki jumlah uang yang cukup untuk membuktikan bisa membiayai istri dan anak. Berapa jumlahnya dan apakah tunjangan kamu cukup sayangnya saya tidak bisa memastikan. Coba email ke kedutaan Jerman atau Ausländerbehörde kota yang kamu tuju karena jumlah uang yang dibutuhkan untuk setiap kota beda-beda.


    FYI Blocked Account di Deutsche Bank memang hanya diperuntukkan untuk foreign students dan Deutsche Bank Jakarta tidak melayani pembuatan blocked account (setahu saya)

    ReplyDelete
  2. hallo,

    mau tanya, prosedur seperti apa yang harus saya lakukan jika saya ingin menarik semua uang (menonaktifkan) Deutsche Bank saya.

    vielen Dank

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, sori saya kurang tahu tentang masalah ini. coba kamu tanya ke bagian konsuler kedutaan tempat kamu bikin account deutsche bank, atau bisa juga email ke bagian international student di deutsche bank

      Delete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Kak, kalau saya studi di Jerman tapi tinggal di rumah keluarga (tante), apakah harus tetap membuka blocked bank dengan uang sebesar € 8040 tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, tante kamu bisa membuat Verpflichtungserklärung yang menyatakan bahwa dia akan membiayai studi kamu selama di Jerman. Dengan pernyataan ini maka kamu nggak perlu lagi menyediakan €8040

      Delete
  5. Hallo untuk membuat visa untuk student usia 18 tahun apakah ortu harus ikut ke kedutaan jakarta danke

    ReplyDelete
  6. Hallo untuk membuat visa untuk student usia 18 tahun apakah ortu harus ikut ke kedutaan jakarta danke

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, iya ortu mesti ikut, kalo ga salah ingat juga pake akta kelahiran. coba pastikan lagi di kedutaan.

      Delete
  7. Hallo, boleh minta contoh formulir yang sudah terisi, saya masih bingung mengisinya
    teima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, saya rasa udah cukup jelas formulirnya, ada yang bahasa inggris juga. kalau ada bagian spesifik yang masih bingung bisa ditanyakan disini.

      Delete
  8. Halo, itu kirimnya kok ke Leipzig ya? Saya form-nya ke Hamburg soalnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kirim aja yang sesuai formnya, waktu itu di form pny aku ditulisnya ke Leipzig soalnya

      Delete
  9. Halo,boleh minta tolong foto untuk contoh pengisian formulirnya? karena ada "title","Maiden name","Address supplement"... address supplement sama street apa bedanya ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, sayangnya saya nggak ada foto formulirnya. Address Supplement maksudnya tambahan alamat, misal kamu tinggal di apartemen nomor berapa / kamar nomor berapa. Street maksudnya nama jalannya.

      Delete
  10. Hallo kak Felicia,
    Waktu itu kakak tulis alamat Indonesia atau Jerman? Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, karena waktu saya apply masih posisi di Indonesia maka yg ditulis alamat Indo. waktu itu juga masih ngga ada alamat di jerman

      Delete
  11. Halo kak felicia, saya mau tanya kalo saya hanya pertukaran pelajar di jerman selama 5-6 bulan, apakah juga harus membekukan biaya sebesar 8040 euro?? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, secara teori kamu bisa buka rekening di bank jerman, tapi apakah harus atau tidak saya kurang tau, coba tanyakan ke Uni kamu atau Uni yang akan dituju.

      Delete
  12. kalau untuk pembukan blocked acount apakah harus ke kedutan besar in person atau bisa dititipkan ke orang lain yang akan membuka akun juga ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, pembukaan blocked account harus in person karena kamu harus tanda tangan formulir permohonan pembukaan rekening di depan petugas kedutaan.

      Delete
  13. Hi felicia,
    ini kan formnya dalam bentuk PDF yah, bagaimana yah cara mengisi dari laptop/PC. saya mencoba mengisi tapi kok malah jadi berantakan yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, coba pakai adobe reader atau adobe acrobat, harusnya bisa kok

      Delete
  14. Hallo kak, untuk bagian “I am resident for tax purpose” itu decimating yang apa ya?
    kebetulan saya tidak punya ID pajak indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry auto text.. maksudnya diisinya yang apa ya?

      Delete
    2. hallo, bisa coba dikosongi dulu, terus nanti ditanyakan ke kedutaan waktu tanda tangan

      Delete
  15. Permisi, saya ingin bertanya.
    Besok tepat 3 minggu setelah Form DB dilegalisir dan dikirim ke kantor DB. Tapi sampai sekarang saya belom mendapatkan konfirmasi.
    Memang siih, katanya buka akun perlu waktu 2-3 minggu. Tapi saya khawatir aja.
    Saya sudah email ke DB, dan email balasan bilang mereka ga punya akses untuk blocked account.
    Ada saran selanjutnya saya harus bagaimana?
    Terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, waktu itu saya kirim email ke DB (yg alamat email db.student). Maksudnya ga punya akses untuk blocked account seperti apa ya?

      Delete
    2. Terima kasih sudah reply.
      DB account saya sudah siap.
      Pertama kali mengontak DB, sepertinya saya kontak ke bagian yg sdalah. mereka tidak punya akses untuk blocked account sehingga tidak tahu apa2 mengenai blocked account.

      Kedua kali saya mengontak DB, di hari yg sama saya dapet konfirmasi. Link kontak yg benar ada link yg ada di bagian ttg blocked account dan khusus untuk menanyakan ttg konfirmasi ini.
      ini linknya:
      https://www.deutsche-bank.de/pfb/content/pk-konto-und-karte-international-students.html?pfb_tab=34880-34883&pfb_toggle=34894-34900,34894-34930

      Pilih topik yg tentang confirmation.

      Delete
  16. Halo kak permisi ingin bertanya, saya sudah 2x direject masalah pembukaan konto dengan alasan yang sedikit mirip..

    Rejection pertama : "If the funds are not transferred by yourself, the sponsor must be specified by its full name and the statement of the sponsor has to be presented."

    Rejection kedua : "If the funds are transferred by several sponsors, statements of all sponsors have to be presented."

    Karena rejection pertama meminta data sponsor dan statement ikut disertakan maka saya menyertakan account statement bank orangtua dan statement bank pribadi. Setelah menunggu 15 hari, maka saya mendapat rejection kedua yang alasannya seperti diatas. Padahal bank statement sponsor juga sudah saya sertakan tetapi tetap direject.

    Oh ya, untuk "I anticipate an additional annual transaction volume of xxx", apakah wajib diisi? dan apakah betul bahwa akun bank tempat dana asal harus berusia 3 bulan atau lebih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, maaf untuk masalah ini saya kurang ngerti juga, karena saat mentransfer uang saya juga memakai konto ortu dan ga ada masalah.

      bisa kasi link ga ya, dimana ada tulisan untuk "I anticipate an additional annual transaction volume of xxx"? karena seinget saya, saya juga tidak pernah mengisi field ini.

      Delete
    2. Sudah dapat kak konfirmasinya, dikarenakan Saya langsung ganti jadi pakai konto ortu biar aman. Makasih kak jawabannya!

      Delete
  17. Hallo kak, saya sudah transfer sebagian uang dari yang dibutuhkan ke rekening db saya, cara cari tau jumlah yang masuk ke rekeningnya gimana ya?

    Saya mau tau berapa jumlah yang ditarik oleh db untuk biaya transfer tapi ga ketemu di official websitenya. Dan mereka ga mau kasih konfirmasi kalau jumlah uang kurang dari yang diminta.

    Atau jumlah uang yang ditransfer sama dengan yang masuk? Jadi tidak ada biaya tambahan lagi?

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jumlah uangnya dari pengalaman selalu ditarik buat biaya macam2 sih, klo ga salah inget dulu saya ditarik sekitar €50. tapi saya dulu stlh trf dari indo dapat konfirmasi uang sudah masuk dan jumlah uang yg ada di konto saya, tapi saya waktu itu udah trf lebih dari jumlah minimum yg dibutuhkan utk visa.

      Delete
  18. Hallo, mau nanya, apakah ada yang tahu persyaratan membuka blocked account di DB untuk anak berusia di bawah dari 18 tahun? Trims sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, bisa juga bikin blocked account sblm umur 18, tapi kalau ga salah harus ada tanda tangan orang tua juga.

      info dari DB bisa dilihat disini:

      https://www.deutsche-bank.de/dam/deutschebank/de/pgk/pk/konto-und-karte/pk-kredit-finanzierung-db-international-kontoeroeffnungsantrag-fuer-auslaendische-studenten-bis-achtzehn-jahre.pdf

      https://www.deutsche-bank.de/dam/deutschebank/de/pgk/pk/konto-und-karte/pk-kredit-finanzierung-db-international-zusatzblatt-fuer-auslaendische-studenten.pdf

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...