Friday, August 29, 2014

Vorprüfungsdokumentation

Beberapa universitas di jerman meminta kamu untuk menyerahkan bukti "Vorprüfungsdokumentation" (VPD) lewat uni-assist pada saat kamu mendaftar kuliah. Apa sebenarnya VPD dan bagaimana mendapatkannya?

Apa itu VPD?
VPD atau Vorprüfungsdokumentation adalah semacam sertifikat yang dikeluarkan oleh uni-assist yang berisi daftar nilai-nilai ijazah kamu yang sudah dikonversikan ke sistem nilai Jerman. 

Universitas apa saja yang mengharuskan saya menyerahkan VPD?
Daftar universitasnya bisa kamu lihat di link ini:

Apakah saya harus melakukan VPD?
Jawabannya: tergantung kebijakan universitas masing-masing. Beberapa universitas tidak mengharuskan VPD bagi lulusan Studienkolleg, tapi di beberapa universitas lainnya kamu diminta melakukan VPD (misal untuk pendaftaran di Uni Heidelberg jurusan Medizin, Zahnmedizin, Pharmazie). Cek website universitas masing-masing untuk memastikan.

Bagaimana saya melakukan VPD?
  • Kemudian, kirimkan dokumen-dokumen yang bersangkutan ke alamat uni-assist.
  • PENTING: Jangan lupa untuk memastikan apakah ada formulir tambahan tertentu yang harus kamu isi untuk proses VPD. Misal, di TUM ada formulir khusus yang harus kamu isi seperti ini (tidak bisa dipakai untuk universitas lain, maka dari itu lihat terlebih dahulu di website universitas apakah ada formulir khusus)
  • Setelah uni-assist selesai mengerjakan VPD kamu, maka dokumen-dokumen kamu akan dikembalikan lagi oleh uni-assist disertai dengan sertifikat hasil VPD.  
  • Setelah menerima ini, kirimkan semua dokumen-dokumen tadi beserta dengan FORMULIR PENDAFTARAN yang sudah kamu tanda tangani beserta dokumen tambahan lainnya LANGSUNG KE UNIVERSITAS. 
Jadi, singkatnya:
online Bewerbung uni-assist --> Bearbeitung --> dikirim kembali ke kamu --> Universitas

Apa yang harus saya perhatikan dalam proses VPD?
Proses VPD ini memakan waktu yang LAMA karena oleh uni-assist dokumen kamu baru dikerjakan setelah biaya sudah kamu transfer. Pengerjaan dokumen ini memakan waktu 4-6 MINGGU. Setelah itu uni-assist akan mengirimkan kembali dokumen ini ke kamu, waktu pengiriman bisa sekitar 1-3 MINGGU karena tentunya uni-assist tidak memakai layanan pengiriman express. Setelah itu baru kamu bisa mengirimkannya ke universitas, waktu pengiriman paling cepat sekitar 3 HARI - 1 MINGGU. Jadi SISIHKAN WAKTU YANG CUKUP untuk melakukan VPD ini.

6 comments:

  1. hi, apakah proses vpd bisa dipercepat? misal email ke uni-assist spy dibantu mempercepat proses vpd nya? thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk masalah ini jujur saya nggak tahu dan ngga bisa kasi jawaban ya atau tidak karena bukan saya yang mengerjakan vpd-nya dan pastinya bukan hanya kamu saja yang ingin proses vpdnya dipercepat.

      silakan coba tulis email ke uni assist minta dipercepat, toh you've got nothing to lose :)

      Delete
  2. Hallo kak! Aku mau tanya, apakah untuk mendaftar ke Studienkolleg München diperlukan juga cap dari Bundesland Bayern? Atau Vorprüfungsdokumentation dari Uni Assist sudah cukup? Terimakasih kaakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, sori saya kurang tahu masalah ini, karena ngga pernah daftar Studkol di München. Tapi kalau dari website ini: http://www.tum.de/studium/bewerbung/studienkolleg/ saya gak lihat ada tulisan tentang cap dari Bundesland Bayern.

      Delete
  3. halo kak felicia,
    bulan ini (per tanggal 1 agustus) kan pendaftaran studienkolleg hamburg sudah buka intuk sose 2018. mereka minta VPD. karena saya baru pertama kali mendaftar dan akan mengirim dokumen ke uni assist, apakah saya langsung mengirimkan antrag auf Zulassungnya jg? Hamburg daftarnya lewat uni assist soalnya. jadi saya bingung kalau ua baru proses vpd, setelah itu dikirimkan lagi file ke saya, kemudian saya kirim lagi berkasnya ke uni assist untuk hamburg. apakah begitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Masayu,

      berdasarkan pengalaman, biasanya kirim dokumen untuk VPD ke uni-assist abis gitu dikirim balik dokumennya (dapet per email juga) terus dikirim ke uni yg bersangkutan.

      Kalo aku baca disini: http://www.studienkolleg-hamburg.de/bewerbung/

      ditulis bahwa setelah VPD kamu kirim bewerbungnya ke Zulassungsstelle Studkol Hamburg (coba baca lagi webnya, ada alamatnya).

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...