Friday, March 14, 2014

Jenis Tempat Tinggal di Jerman

Beberapa waktu lalu saya pernah menulis post tentang cara mencari akomodasi di Jerman, tapi setelah saya baca lagi post tersebut saya sadar bahwa saya belum menulis tentang bagaimana model tempat tinggal di Jerman itu sendiri. Di Jerman ada beberapa pilihan tempat tinggal, antara lain:

1. Studentenwohnheim (dormitory / asrama)
Ini merupakan pilihan favorit para mahasiswa di Jerman karena harganya yang sangat miring, serta hampir semua kamar di Studentenwohnheim ini sudah all inclusive, yang berarti sudah dilengkapi dengan mobel, sambungan internet, listrik, pemanas, dll. Biasanya ada Studentenwohnheim yang berjenis WG, dimana di setiap lantai terdapat beberapa apartemen, dan di dalam apartemen tersebut terdapat beberapa kamar lagi. Kamu menempati salah satu diantara kamar tersebut. Namun ada juga Studentenwohnheim dengan model seperti kamar hotel, dimana di satu lantai langsung terbagi menjadi kamar-kamar.
Keuntungan tinggal di Asrama: selain harga murah, kamu akan tinggal bersama banyak orang dari berbagai macam negara, tentunya ini bagus untuk bisa melatih bahasa Jerman kamu dan juga memperluas pergaulan.
Kerugian tinggal di Asrama: berdasarkan cerita dari beberapa teman, ada beberapa dari mereka yang mengaku cukup sering terganggu karena di asrama mereka sering diadakan party. Selain itu, jika kamu tinggal di asrama dimana kamu harus berbagi kamar mandi / dapur, terkadang ada juga tetangga yang kurang bersih dalam memakai dapur / kamar mandi.

2. WG (Flatshare)
Sebagian besar dari mahasiswa yang tidak mendapatkan tempat di Studentenwohnheim kebanyakan tinggal di WG / flatshare, dimana beberapa orang mahasiswa (misal 2-5 orang) menyewa sebuah apartemen, dan setiap orang mendapat satu kamar. Biasanya mereka berbagi daput, kamar mandi, biaya internet dan listrik, dll. 
Keuntungan tinggal di WG: Jika kamu menemukan flatmate yang cocok dengan kamu, maka tinggal di WG bisa menjadi sangat seru, dimana kamu bisa melakukan kegiatan bersama dengan flatmate kamu. 
Kerugian tinggal di WG: Harga kamar WG biasanya lebih mahal dari harga Studentenwohnheim, dan seringkali tidak all inclusive, dimana kamu harus membayar listrik dan telefon secaa patungan. Selain itu ada kemungkinan kamu kurang cocok dengan flatmate di WG.

3. Einzelapartment (studio apartment)
Alternatif lainnya adalah memiliki apartemen sendiri berupa Einzelapartment. Layaknya studio apartment, kamu mendapat 1 kamar dengan kamar mandi dan dapur sendiri.
Keuntungan tinggal di Einzelapartment: Pastinya kamu lebih memiliki kebebasan jika tinggal di apartment, karena kamu tinggal sendiri. Selain itu kamu juga tidak perlu share kamar mandi dan dapur dengan orang lain.
Kerugian tinggal di Einzelapartment: Segala sesuatu harus kamu urus sendiri, kebanyakan Einzelapartment bahkan tidak möbliert, jadi kamu harus membeli mebel sendiri, mendaftarkan paket internet, dll. Ini akan menjadi repot jika kamu misal harus pindah dari apartemen kamu dan harus mengangkut semua mebel. Tinggal sendiri juga kadang bisa membuat kamu merasa kesepian. 

Dari 3 jenis tempat tinggal ini, tentunya tergantung kamu masing-masing, mana yang lebih cocok. Tapi bagi mahasiswa-mahasiswa baru, saya sarankan untuk tidak berpatok pada satu jenis tempat tinggal saja dalam mencari tempat tinggal, karena mencari akomodasi di Jerman bukan hal mudah, sehingga untuk bisa mendapat tempat tinggal sendiri saja sudah merupakan suatu keberuntungan.

7 comments:

  1. Hallo mbak, salam kenal. Kebetulan saya sedang mencari tempat tinggal di daerah Stuttgart, sekarang tinggalnya di Hannover. Untuk bisa menggunakan Studenwohnheim itu harus berstatus student ya ? atau egal ?
    Terima kasih sebelumnya, salam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk daftar seinget saya nggak harus berstatus student, tapi jika sudah dapat kamar maka harus menunjukkan bukti Immatrikulation dari uni. Jadi untuk dapat kamar: iya harus student.

      Delete
  2. Kak studentenwohnheim ini cuma buat student aja ya? Kalo masih di STK bisa jg enggak ya?

    ReplyDelete
  3. Kak studentenwohnheim ini cuma buat student aja ya? Kalo masih di STK bisa jg enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solange udah dapat studentenausweis hrusnya udah bisa kok di studentenwohnheim

      Delete
  4. halo kak, jika saya ingin mengikuti StudKol di jerman apa bisa tinggal di studentenwohnheim ?

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...