Saturday, March 1, 2014

Sistem Kuliah di Jerman

Tidak terasa saya telah berkuliah di TU München selama 1 semester. Meskipun saya sendiri masih sangat baru di Jerman, tapi saya akan mencoba menceritakan apa yang saya dapatkan selama berkuliah 1 semester di Jerman ini, terutama mengenai sistem dan struktur perkuliahan di Jerman. Perlu diingat bahwa tulisan saya ini berdasarkan apa yang saya alami di TU München, tentunya untuk setiap universitas atau jurusan tidak selalu sama.

1. Tidak ada sistem SKS
Salah satu hal yang pernah diutarakan orang tua saya sebelum saya berangkat untuk melanjutkan studi yaitu, "Kalau bisa ambil SKS sebanyak-banyaknya, biar cepet selesai kuliahnya". Dari cerita teman-teman yang berkuliah di Indonesia sendiri memang setahu saya terdapat sistem SKS, dimana jika kamu mengambil banyak SKS maka kamu bisa lulus lebih cepat. Di jurusan saya tidak berlaku sistem seperti ini. Setiap semester kamu akan mendapatkan jadwal pelajaran (Stundenplan) dan disini terdapat list mata kuliah wajib (Pflichtmodul), yang berarti mata kuliah ini harus diambil pada semester ini, dan juga mata kuliah pilihan (Wahlpflichtmodul). Setiap mata kuliah Wahlpflicht ini memiliki kredit poin tertentu. Universitas akan memberitahukan, berapa banyak kredit yang harus kamu kumpulkan selama masa kuliah. Misal, untuk jurusan saya, saya harus minimal mengumpulkan 24 kredit poin (untuk mata kuliah pilihan saja).

2. Perkuliahan (Vorlesung)
Satu kali pertemuan biasanya berlangsung selama 1 jam atau 2 jam pelajaran, dimana 1 jam pelajaran = 45 menit. Di Jerman berlaku kebiasaan "Akademisches Viertel", yaitu misal: di jadwal pelajaran ditulis bahwa mata kuliah tersebut berlangsung pada pukul 8 - 10. Pada prakteknya, perkuliahan akan dimulai 15 menit setelah jam 8, dan diakhiri 15 menit sebelum jam 10. 

3. Ruang Kuliah (Hörsaal)
Khususnya bagi mahasiswa Bachelor, biasanya semester-semester awal, kamu akan bergabung dengan mahasiswa-mahasiswa dari jurusan lainnya yang mirip dengan jurusan kamu, karena pada semester awal biasanya mata kuliah yang kamu ambil adalah mata kuliah dasar yang juga dipelajari oleh mahasiswa dari jurusan lain, seperti Kimia, Fisika, dll. Jadi jangan heran, jika ruang perkuliahan dipenuhi dengan 300 hingga 500 orang mahasiswa. Seiring dengan berjalannnya waktu, jumlah ini akan makin mengecil, mengingat pelajaran kamu yang juga makin spesifik.

4. Ujian
Kebanyakan jadwal ujian hanya satu kali tiap semester, yaitu pada akhir semester. Tidak ada sistem UTS. Selain itu, jadwal ujian untuk universitas dan Fachhochschule juga berbeda. Di universitas, ujian dijadwalkan pada 2 minggu sebelum dan sesudah libur semester. Sedangkan pada Fachhochschule, ujian berlangsung sebelum libur semester, jadi kamu bisa benar-benar menikmati liburan.

5. Absensi
Di Jerman tidak ada absensi, jadi kamu benar-benar dibebaskan dari keharusan untuk datang ke perkuliahan. Yang penting, lulus ujian. Ada mata kuliah-mata kuliah tertentu yang mewajibkan kamu untuk hadir (misal mata kuliah peraturan-peraturan di laboratorium). Untuk mata kuliah seperti ini kamu akan diberitahukan sebelumnya bahwa kamu harus hadir.

6. Praktikum
Untuk semester pertama ini saya baru melakukan 1 Praktikum, yaitu praktikum Fisika. Praktikum ini juga pada akhir masa praktikum ada ujian praktek, dimana ini akan dinilai. Selama praktikum kamu akan ditemani oleh tutor / mahasiswa pembimbing untuk membantu kamu jika kesulitan (tentunya tidak pada saat ujian). Biasanya selain harus praktek, kamu juga harus menulis Protokoll atau laporan praktikum.

7. Übung / Tutorial
Pada saat perkuliahan / Vorlesung kebanyakan professor akan mengajarkan teori-teori, sedangkan untuk praktek dan penyelesaian soal akan dikerjakan pada saat Übung. Pengajar Übung / Tutor biasanya adalah mahasiswa juga. Di Übung ini kamu akan diberi soal dan diberi kesempatan untuk bertanya jika kamu merasa kesulitan mengerjakan.


Sebenarnya masih ada banyak aspek-aspek yang belum saya tulis, seperti magang, karya wisata (Exkursion), dan lain sebagainya, karena saya belum melakukan hal-hal tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu tentunya post ini akan saya update lagi, jika hal-hal tersebut sudah saya lakukan.

40 comments:

  1. kak boleh minta email nya ga?aku mau nanya2 hehe di jwb ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, kalo mau tanya2 bisa di comment blog ini kok :)

      Delete
  2. kak, ada batasan umur ngga untuk kuliah di jerman? saya berencana untuk kuliah s1 lagi di jerman.

    ReplyDelete
  3. setahu saya nggak ada, banyak dari temen2 juga yang udah cukup tua mereka masih seangkatan sama saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kak, saya mau nanya ada gk mahasiswa temen kakak yang pernah berkuliah di indo, (misal udh 2 thn-an lah) tapi dia memutuskan untuk pindah memulai kembali di jerman..? kalau menurut pendapat kakak kepada orang2 yg semacam itu pandangan dan sarannya seperti apa kak..? terimakasih

      Delete
    2. hallo, setahu saya kalau sudah pernah berkuliah lalu ingin pindah ke jerman tidak bisa langsung masuk ke semester lebih tinggi, harus ulang lagi dari semester satu (kecuali credits kamu diakui, kecil kemungkinannya).
      di blog ini saya hanya memberi info & menjawab pertanyaan tentang studi di jerman. kalau hal subjektif seperti pandangan dll itu di luar area saya :)

      Delete
  4. Felicia, salam kenal : )

    Aku salut banget sama intensi kamu u/berbagi melalui blog ini.
    Ohya, aku sedang menyiapkan aplikasi untuk mendaftar Msc Informatics di TU Munchen. I really hope I get accepted tapi tampaknya cukup challenging karena akan ada interview setelah proses aplikasi.

    Kalau boleh tahu, apakah kamu tahu informasi atau tips untuk dapat diterima di TU Munchen?

    Terima kasih yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, salam kenal!

      senang bisa membantu, hm kalau interview apalagi Master sih aku sayangnya ga bisa bantu banyak karena program aku nggak require interview. dengar2 dari beberapa teman yang interview untuk bachelor sih lebih kearah pertanyaan2 soal pengetahuan dasar tentang bidang yang akan kamu pelajari, jadi yang pasti harus menguasai materi, zumindest secara garis besar apa yang dipelajari selama ini. tapi ini untuk bachelor sih.

      Ansonsten..ga bisa bantu banyak juga karena keputusan ditangan profesor yang menginterview. ich drucke dir die Daumen!

      Delete
  5. mbak boleh kuliah di tum tapi menetap di jakarta, khan absensi wajib. jadi bisa kala saya cuma menghadiri ujian praktikum dan ujian akhir ?

    ReplyDelete
  6. mbak mau nanya, 1. boleh kuliah di tum tapi menetap di jakarta?
    khan absensi wajib. jadi bisa kalau saya cuma menghadiri ujian praktikum dan ujian akhir ?
    2. jadwal praktikum atau seminar gimana ? apakah praktikum atau seminar ada di penghujung semester atau diadakan rutin tiap mingguan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang lectures disini ngga diabsen dan mungkin kamu keberatan dengan biaya hidup di jerman dsb. saya nggak tau dengan jurusan kamu pengen kayak gimana ya tapi kalo di jurusan saya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan

      1. tiap semester ada praktikum di lab setiap minggu dimana kamu harus datang.
      2. untuk belajar menjelang ujian saya perlu meminjam buku di perpustakaan dan skript / file untuk ujian (bukunya bahasa jerman dan saya rasa sulit dan berat banget kalau harus dibawa ke indo)
      3. untuk bisa immatrikulation (enrollment) di jerman kamu perlu bikin asuransi kesehatan, untuk bikin asuransi kesehatan kamu perlu punya tempat tinggal di jerman.
      4. datang ke lecture setiap hari aja susah untuk mendapatkan nilai bagus disini apalagi menetap di jakarta
      5. ujian tentunya harus kamu kerjakan di tempat, tidak ada yang online.
      6. untuk berangkat ke jerman kamu perlu visa, kalau untuk kuliah berarti visa pelajar. untuk membuat visa pelajar kamu tetap perlu bukti keuangan €8040.

      Delete
    2. 1. tiap minggu ada praktikum ? berarti emang gak .masak seminggu bolak balik gak mungkin ya
      saya mau bolak balik soalnya saya kerja mbak . sekaligus cari jodoh , kalo dijerman khan gak mungkin .. susahkan nyari jodoh orang bule he
      ... ok makasih ..

      Delete
  7. satu lagi pertanyaan katanya ... tum atau uni gak ada libur ya? libur malah ujian bener gak? gelar s3 masih dr ing buat teknik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, tergantung fakultas masing-masing sih. di tempat saya jadwal ujian 2 minggu sebelum dan sesudah libur semester jadi pretty much selama libur semester jg harus belajar. teman2 dari fakultas lain ada yang ujiannya sebelum libur semester jadi bisa menikmati liburan.

      ngga, sekarang Dr. aja

      Delete
  8. hai kak salam kenal :)
    tahun depan insyaallah aku berangkat ke jerman, sekarang aku lagi belajar bahasa dulu
    btw kakak ambil apa di TUM?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi! waduh sori banget komen km kelewatan jadi baru sekarang dibalesnya. viel Erfolg!

      Delete
  9. Pakai bhs apa untuk kuliah di jerman?

    ReplyDelete
  10. Pakai bhs apa untuk kuliah di jerman?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahasa jerman / inggris tergantung program yg diambil

      Delete
  11. hallo, di jurusan saya pake sistem Credits, jadi kalau kita lulus 1 mata pelajaran akan mendapat Credits. Untuk bisa lulus atau naik ke semester yg lebih tinggi perlu sejumlah Credits tertentu. Untuk jurusan saya Credits yg didapat tidak menyatakan waktu perkuliahan selama seminggu, tapi saya kurang tahu juga apa jurusan lain juga begitu, tergantung fakultas masing-masing.

    ReplyDelete
  12. Apakah terdapat mata kuliah filsafat bagi jurusan teknik di TUM???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, ada jurusan Wissenscahfts- Technikphilosophie di TUM. Tapi hanya untuk Master. https://portal.mytum.de/studium/studiengaenge/wissenschafts_technikphilosophie_master

      Delete
  13. Halo mbak, salam kenal. Maaf ya komen di postingannya yg udah lama. Hehe semoga masih layak untuk dibalas.

    Saya berencana kuliah di TU Munchen Oktober ini. Mau nanya, kalau untuk mendapatkan wohnung yg relatif murah untuk student, mbak dulu nyarinya dimana ya mbak? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, topik mencari tempat tinggal sudah pernah saya tulis sebelumnya. tolong dibaca dulu ya artikel2 di blog ini.

      Delete
  14. hallo ! kk mau nanyak dong
    bisa enggak kk , klau s1 di indonesia ambil pend.b.jerman dan lanjut studi tapi ngulang s1 lagi dengan jurusan yg berbeda , zum beispiel : jurusan IT
    danke! moga menjawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, dari pengalaman teman sih ada yang bisa, asal kualifikasi bahasanya cukup (lulus testDAF atau DSH)

      Delete
  15. Replies
    1. bisa baca blog ini dulu ya, kalo ada pertanyaan lebih spesifik silakan ditanyakan

      Delete
  16. Halo kak, mau nanya,
    Untuk masuk tum ini kakak lewat studienkolleg ato engga? Terus persyaratan untuk masuk nya itu apa aja ya?
    Makasih kak!

    ReplyDelete
  17. Kak aku mau tanya donk , kalau uang tanda mampu yg sekarang kalau gk salah €8700 itu hrs di setor setiap tahun atau hanya pas pertama kali mau nerbitin visa pelajar kesana aj ? Atau nanti pas mau perpanjang visa ditanyakan lagi kak ? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu tunjukkan setiap perpanjang visa, jadi ya setiap perpanjang visa harus ada finanzierungsnachweis. tapi jumlah minimalnya beda2 tiap kota. ada juga yang kalau uangnya ga cukup tunjukin slip gaji (misal praktikum / nebenjob dan gajinya cukup tinggi).

      Delete
  18. Hallo kak felicia

    Salam kenal, namaku Eli. Sebelumnya aku mau bilang, makasih banyak udah luangin waktu untuk nulis blog ini. Isinya sangat membantu ci :)

    Aku mau nanya ci, aku dengar dari temen hal berikut:

    untuk universitas di jerman yg membuka penerimaan siswa baru hanya di Wintersemester, kalau mengulang 1 semester, jadinya mengulang 1 tahun.

    Alasannya karena di uni tersebut, di Wintersemester hanya ada Vorlesung untuk mahasiswa di semester ganjil dan di Sommersemester hanya ada Vorlesung untuk semester genap.
    Aku bingung banget karena ini menurutku salah satu faktor penting dalam memilih universitas.

    Apa benar faktanya begitu ci? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Eli,

      hm aku gak gitu ngerti maksudnya kenapa harus mengulang 1 tahun.
      Tapi biasanya sih anak2 disini yang lulus Studkol sommer dan nunggu masuk uni wintersemester, banyak yang waktu sommersemesternya ambil jurusan lain yang buka, kuliah 1 semester, baru nanti pas winter pindah jurusan dan masuk di semester 1 lagi.

      Memang ada vorlesung yang cuma untuk semester genap dan ganjil, tapi berarti km bisa ambil vorlesungnya sommersemester depan kan?

      Kalau pun di jurusan yang kamu ambil waktu sommer (wartesemester) ada beberapa fach yg bisa di anerkennen di jurusan yg kamu mau, bisa juga sih km ambil fachnya dan tulis prüfungnya, tinggal di anerkennen waktu masuk wintersemester.

      Delete
  19. Hai kak kenalin nama sya ridwan. Sya mau tanya. Di jerman klo umur 30 thn bsa gak daftar kuliah s1 negeri..
    Karna sya mau daftar kuliah s1 lg d jerman karena ijazah s1 sya d indo gak laku d luar negeri dan sekarang sya lg d australia nabung buat ntar kuliah lg s1 d jerman dan kira2 kalo kita lulus s1 dengan ijazah lulusan jerman cari kerja gampang gak kak d luar negeri
    Makasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, bisa. Kuliah di Jerman ga ada batas umur.
      Untuk cari kerjanya sih gampang-gampang susah ya, tergantung hoki masing2. Tapi di Jerman setelah studi bisa apply visa cari kerja sih, berlaku 18 bulan.

      Delete
  20. Hallo ka, nama saya emerald. Maaf nih komen di post lama. Oia blog kaka sangat berguna untuk saya terimakasih ka. Saya mau nanya, kira kora tips biar mudah menjalani kehidupan berkiliah do jerman gimana ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo emerald, terima kasih sudah baca. mudah menjalani kehidupan maksudnya gmn ya? hahaha

      Delete
  21. Halo kak mau nanya kalo itu pada keluar dimata kuliah pilihan pas akhir2 kenapa ya aku baru sma soalnya gak terlalu ngerti hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, saya kurang begitu ngerti maksud pertanyaannya, mgkn bisa diperjelas? mata kuliah pilihan maksudnya kita dibebaskan untuk pilih mata kuliah sesuai yg kita mau. biasanya ada minimal kredit jadi ada jumlah minimal mata kuliah yg pilihan yg harus diambil untuk lulus.

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...