Wednesday, September 11, 2013

Stadtsanmeldung

Setelah kamu sudah mendapatkan akomodasi di Jerman, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mendaftarakan tempat tinggal kamu ini (Stadtsanmeldung). Stadtsanmeldung ini harus dilakukan maksimal 8 hari setelah kamu datang di Jerman (atau setelah mendapat akomodasi) dan jika lebih dari itu maka akan dikenakan denda. 

Apa saja yang perlu dibawa saat Stadtsanmeldung?
Cukup mudah sih, kamu hanya perlu Paspor kamu dan alamat kamu di Jerman. Tapi untuk berjaga-jaga, ada baiknya juga membawa:
  • Formulir Anmeldung (jika ada)
  • Fotokopi Paspor
  • Mietvertrag
  • Immatrikulationsbescheinigung
Dimana saya bisa melakukan Stadtsanmeldung?
Stadtsanmeldung dilakukan di Bürgerbüro. Untuk München bisa dilihat di sini. Di website itu kamu pertama-tama harus memasukkan nama marga kamu, nanti akan dipandu oleh website tersebut dimana tepatnya kamu bisa melakukan Anmeldung. Karena untuk berbagai inisial nama marga ada Wartezone (waiting room) yang berbeda-beda. 

Untuk melakukan Anmeldung sangat sangat disarankan untuk datang pagi hari, kalau bisa sebelum kantor Bürgerbüro buka. Sehingga nantinya saat mengantri kamu bisa mendapat nomor antrian awal-awal dan cepat selesai. Saya sendiri waktu itu datang sekitar pukul 8.00, dimana kantor buka pukul 8.30 dan mendapat nomor antrian 10. Semakin siang kamu datang maka tentunya nomor antriannya makin besar. Setelah kamu mendapat nomor antrian, nantinya kamu akan dipanggil ke ruangan tertentu. Disitu kamu cukup mengatakan kepada orang yang bersakutan "Ich möchte mich anmelden". Mereka juga kebanyakan bisa berbahasa Inggris. Nantinya kamu akan diminta untuk menyerahkan paspor serta mereka juga akan menanyakan alamat kamu disini. Petugasnya biasanya cukup ramah dan bersahabat. Setelah selesai kamu akan diminta untuk mengecek kembali data kamu, dan kemudian mendapatkan Bestätigung atau bukti bahwa kamu telah mendaftarkan diri di kota kamu.

Dimana letak Bürgerbüro?
Kamu bisa mencari alamat Bürgerbüro kota kamu di google (Bürgerbüro "kota kamu"). Untuk di München tempat ini terletak di Ruperstraße (U6 Poccistraße, keluar di pintu keluar dengan tulisan Kreisverwaltungsreferat)

7 comments:

  1. Halo,
    Mau nanya nih, kalo udh anmeldung tp kita pindah alamat(pindah wohnung) musti anmeldung lg gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, iya mesti ummelden, alamat barunya bakal ditempel di aufenthaltstitel

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Halo Kak, saya Saras alumni Studienkolleg Indonesia 2016.
    Saya mau nanya nih tentang pengurusan Stadtanmeldung. Saya sudah mendapat visa studi dan di visa tertera bahwa ABH saya ABH Hannover, karena saya mendaftar memakai Zulassung dari Universitas Hannover.
    Jika seandainya saya tidak kuliah di Hannover tapi di kota lain, apakah ada prosedur lebih lanjut mengenai Stadtanmeldung ini? Atau nanti 'ribet dan lama'nya baru saat membuat Aufenthaltstitel (menunggu sekitar 9 minggu)?
    Danke im Voraus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Saras, Stadtanmeldungnya gak masalah, waktu itu aku juga Stadtanmeldung langsung di München, gak perlu ke Hannover dulu. Cuma pengurusan visanya aja yang makan waktu lama

      Delete
  4. Hallo mau tanya,
    Saya 3 hari lalu sampai di berlin, dan utk daftar di burgeramt disini dilakukan dengan booking termin, sementara setelah saya cek terminnya baru ada tanggal 11 januari. Apakah saya bisa langsung datang juga apa harus menunggu termin itu?
    Danke im Voraus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, bisa dicoba, tpi kemungkinan besar petugas akan menyuruh kamu untuk tetap menunggu sampai termin kamu.

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...