Thursday, September 12, 2013

Belanja Murah di München

München merupakan salah satu kota yang paling mahal di Jerman, terutama dari segi sewa tempat tinggal. Kota ini memang sangat indah dan nyaman untuk ditinggali, sayangnya karena segi mahalnya biaya tinggal di München banyak mahasiswa yang memilih untuk tidak tinggal di kota ini. Padahal selama saya berada disini, banyak juga lho supermarket-supermarket murah yang harganya tidak terlalu jauh beda dengan harga di Indonesia, antara lain:
  • Aldi. Di Jerman sendiri Aldi dibagi menjadi dua yaitu Aldi Nord dan Aldi Süd. München termasuk dalam Aldi Süd. Barang-barang di Aldi ini hampir semuanya tidak bermerek, namun mempunyai kualitas yang sangat baik. Harganya juga boleh dibilang sangat-sangat murah. Sebagai tips belanja: Perhatikan bila price tag berwarna merah, maka harga tersebut adalah harga paling murah. Aldi bisa ditemukan di banyak tempat di München, beberapa yang sering saya datangi adalah di Lindwurmstraße (U Bahn Goetheplatz, ambil pintu keluar Lindwurmstraße dan di Schwanthalerstraße (U Bahn Karlsplatz)
  • Lidl. Ini juga hampir sama dengan Aldi, namun salah satu yang membuat saya sering datang di Lidl adalah roti-rotinya yang freshly baked dan sangat murah. 1 buah croissant dihargai sekitar 0,37 Euro, dimana di bakery-bakery lain bisa mencapai 1,4 Euro. Lidl juga ada di Schwanthalerstraße dekat Aldi
  • Real. Mirip seperti Hypermart atau Carrefour, Real menawarkan jenis barang yang sangat beragam dan tempatnya juga sangat besar. Jika Aldi dan Lidl kebanyakan menawarkan barang-barang makanan dan sehari-hari, maka di Real kamu bisa menemukan mulai dari bahan makanan, barang elektronik, kebutuhan rumah tangga, hingga sepeda. Di München yang saya tahu terletak di U Bahn Machtlfingerstraße (U3).
  • Rewe. Salah satu yang saya suka dari Rewe adalah semua produk mereka dengan merek Ja!. Merek ini memang memiliki harga yang paling murah dari antara merek-merek yang lain dan kualitasnya juga termasuk baik. Rewe di München yang saya tahu ada di Lindwurmstraße (dekat dengan Aldi)
  • Saturn dan MediaMarkt. Ini merupakan tempat belanja barang elektronik. Harga barang di kedua tempat ini biasanya bersaing dan tidak beda jauh. Barang yang ditawarkan juga beragam mulai dari kebutuhan rumah tangga sepeti mesin cuci, vacuum cleaner, hingga barang yang berhubungan dengan komputer. CD dan DVD juga ada disini. Saturn terletak di daerah Karlsplatz, di seberang department store Oberpollinger (U-Bahn Karlsplatz atau kamu bisa juga turun di U-Bahn Marienplatz dan jalan kaki ke arah Karlsplatz, melewati gereja St. Michael) sedangkan MediaMarkt ada di mall Pasing Arcaden (turun di stasiun S-Bahn Pasing, dari München Hauptbahnhof naik S6 ke arah Pasing)
  • Bäckerei Murah. Sebenarnya roti-roti seperti Semmel atau Croissant juga bisa dibeli di supermarket seperti Lidl, Aldi, atau Rewe. Namun saya sendiri biasa membeli di Bäckerei yang terletak di Karlsplatz, tepatnya di Stachus Passagen (semacam kumpulan toko-toko yang ada di stasiun U-Bahn Karlsplatz). Namanya saya tidak begitu ingat, tapi Bäckerei ini terletak persis di sebelah supermarket DM dan harganya cukup murah, 0.89 Euro untuk 5 buah roti Semmel dan roti-rotinya semua fresh.
  • Toko Asia. Untuk kamu yang ingin membeli bumbu-bumbu masakan Asia atau makanan seperti Indomie, di München ada cukup banyak saya temui toko Asia, tapi tempat favorit saya adalah Orient Shop di Rosenheimer Platz. Jaraknya sangat dekat dari stasiun S-Bahn Rosenheimer Platz dan barang yang ditawarkan juga lengkap. Harganya cenderung lebih murah daripada toko lainnya.

3 comments:

  1. murah gan, ada yg harga tidak sampai 1 Euro. Sy pikir harga makanan di sana minimal 3-5 Euro

    ReplyDelete
  2. Sangat membantu. Terima kasih infonya. Juni saya ke Munich. Will be there for a month. Sempat khawatir nggak ketemu nasi, sarimi or makanan khas Indo yang lain:). Tapi ternyata ada Toko Asia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gerne, jgn khawatir banyak kok toko asia di münchen :)

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...