Wednesday, September 11, 2013

Mengurus Asuransi

Seperti yang sudah saya tulis di post tentang Immatrikulation, kamu bisa mengurus asuransi sebelum kamu tiba di Jerman, asal kamu memiliki alamat di Jerman. Saya sendiri mendaftar asuransi pertama-tama menggunakan alamat teman, dan setelah saya mendapatkan Immatrikulationsbescheinigung, saya mengirimkan bukti ini kepada kontak saya di AOK. Setelah saya tiba di Jerman, saya tinggal mengambil kartu asuransi sementara. 

Apa itu kartu asuransi sementara?
Kartu asuransi sementara ini berlaku layaknya kartu asuransi yang asli. Kartu asuransi yang asli milik kamu belum selesai dibuat, dan kamu bisa sebelumnya meminta kartu sementara (vorläufige Versicherten Karte) sampai kamu mendapat kartu asuransi yang asli.

Jika saya ingin mengurus asuransi setelah sampai di Jerman, apa yang harus saya lakukan?

  1. Pergi ke salah satu cabang dari perusahaan asuransi yang kamu pilih (AOK / TK / Barmer GEK / DAK)
  2. Katakan bahwa kamu ingin mengurus asuransi student (Studentische Krankenversicherung)
  3. Mengisi formulir yang ada (termasuk data-data bank kamu karena pembayaran dilakukan dengan cara autodebit)
  4. Nantinya kamu akan mendapatkan bukti asuransi Versicherungsbescheinigung
  5. Menyerahkan Versicherungsbescheinigung kepada pihak universitas saat Immatrikulation
  6. Menyerahkan Immatrikulationsbescheinigung kepada pihak asuransi beserta pasfoto untuk foto di kartu asuransi
  7. Meminta kartu asuransi sementara
Update (20.09.2013)

Selang 2 minggu setelah saya mendapatkan kartu asuransi sementara saya, akhirnya saya menerima kiriman via pos dari pihak AOK berisi kartu asuransi saya. Kartu ini bentuknya seperti kartu kredit dan memiliki chip. Di kartu ini juga terdapat foto beserta data-data saya.

9 comments:

  1. biaya mengurus asuransi berapa ya?
    danke

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo, untuk daftar asuransinya ga dikenakan biaya, tapi nanti iuran asuransi mahasiswa sekitar 79 euro per bulan.

      Delete
  2. hallo,

    iya benar, diatas 30 tahun sudah tidak bisa lagi pakai asuransi student. untuk Student setahu saya harus pakai asuransi yang gesetzlich (public), ini salah satu persyaratan enrollment di Uni. untuk asuransi publik preminya semua sama, tapi saya sarankan pake TK karena im Allgemein Leistungnya lebih baik.

    sedangkan untuk asuransi swasta saya kurang tahu karena teman-teman kebanyakan pake asuransi publik. kalau mau membandingkan harga dan leistung yang diberikan oleh setiap perusahaan asuransi, bisa cek di link ini: https://pkv.check24.de/

    ReplyDelete
  3. Hallo Felicia,

    Saya sudah diterima di TUHH tapi sedang dalam proses mengumpulkan dokumen untuk apply visa. Sepertinya untuk saya, saya perlu mengirim bukti Krankenversicherung untuk pengajuan visa student.

    Saya belum pernah cek AOK, cuma ternyata untuk TK bisa daftar online. Cuma masalahnya mereka di formulir sudah minta debit mandate, sedangkan account Deutschebank saya pasti hanya bisa di unlock saat saya ke Jerman. Jadi untuk masalah pembayaran ini, apakah saya bisa transfer saja untuk pembayaran pertama? Bagaimana dengan AOK, apakah bisa pembayaran juga ditransfer dulu untuk pembayaran pertama?

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, ini maksudnya visa untuk ke Jerman atau visa dalam bentuk Aufenthaltstitel? setau saya untuk pengajuan visa di kedutaan Jerman di Jakarta tidak perlu bukti krankenversicherung. (berdasarkan data di link ini juga tidak disebutkan tentang versicherung: http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4230624/Daten/5492141/D3_dt__Studium.pdf)

      AOK juga bisa daftar online, waktu itu saya cukup email ingin daftar, lalu oleh Mitarbeiter mereka langsung diberikan file Bestätigung untuk Uni. Baru setelah sampe jerman saya urus cara pembayaran.

      Delete
    2. Hallo, di sini dibilang perlu juga dan ini yang mereka maksud "Allgemeine Unterlagen"
      http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/4332004/Daten/5220898/D_id__Visa_Nasional.pdf
      Saya ada tanya PPI Jerman juga dan mereka bilang sih perlu asuransi , paling tidak asuransi travel 3 bulan.
      Minggu lalu saya sudah coba daftar TK dan sudah dikirim Antragnya, orangnya bilang dalam 1-3 hari keluar tapi sampai sekarang ga keluar keluar. Sekarang saya lagi coba langsung aja daftar ke AOK, mogah2 an cepat dan jelas prosedurnya.

      Delete
    3. pengalaman urus visa setiap orang emang beda2 sih, saya dan teman2 waktu urus visa ngga diminta asuransi, tapi itu udah 2 tahun lalu. mungkin aja peraturannya ganti. untuk pastinya coba kirim email ke botschaft, dari pengalaman saya mereka cukup responsif.

      good luck!

      Delete
  4. Hallo Felicia,
    Saya sudah diterima di TUM, nah tapi saya berangkat tngl 20 september nanti. Kalau saya membuat Krankenversicherung nanti saat saya di jerman ( 21 september ) apakah Bestätigung bahwa saya sudah membuat Krankenversicherung dapat langsung keluar? Karena saya mendapatkan info dari teman bahwa Bestätigungnya keluar 3 hari atau lebih setelah saya mendaftarkan diri saya ke salah satu asuransi kesehatan disana. Saya takut kalau Bestätigung dari Krankenversicherungnya molor , nanti tidak sempat/ telat untuk Immatrikulation di TUM. Untuk daftar AOK secara online juga saya lihat dia minta alamat kita, berarti kalau tdk punya alamat di jerman ( tidak punya saudara ataupun kenalan di jerman ) , tidak bisa mendaftar AOK secara online? Tolong dijawab yah, saya masih bingung dengan Asuransi kesehatan ini.

    Danke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo Stevian,
      dulu saya mengirim email ke AOK bawa ingin daftar asuransi dan butuh buktinya dringend. saya pake alamat dari teman di München. beberapa jam setelah mengirim data diri Bestätigung saya langsung dikirim lewat email. Kalo kamu sudah di jerman lebih baik datangi saja kantornya, ceritakan masalah kamu. Ansprechpartner AOK biasanya cukup responsif kok. Good luck!

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...