Friday, September 13, 2013

Mengurus Ijin Tinggal (Aufenthaltserlaubnis) di München

Ketika kita mengapply visa studi ke Jerman maka yang diberikan oleh kedutaan Jerman adalah visa ijin tinggal dengan batas waktu 3 bulan. Visa ini nantinya akan kamu ubah menjadi ijin tinggal selama di Jerman, batas berlakunya bisa 1 tahun atau 2 tahun, nanti setelah itu harus kamu perpanjang lagi. Ijin tinggal yang diberikan berupa sebuah kartu seperti KTP, namun bedanya di kartu ini terdapat semacam chip yang berisi data diri kamu, sidik jari, dll. Perlu diingat, bahwa ijin tinggal ini hanya bisa dibuat setelah kamu melakukan Immatrikulation di Universitas kamu.

Berhubung saya tinggal di München, maka saya akan membagikan sedikit pengalaman membuat ijin tinggal di München. Untuk di kota lain saya kurang tahu, mestinya prosedurnya hampir sama tapi untuk lebih pastinya bisa kamu lihat di internet.

Dimana saya bisa memperpanjang visa?
Perpanjangan visa / pengurusan ijin tinggal di München dilakukan di Kreisverwaltungsreferat di Rupertstraße, sama seperti tempat untuk Stadtanmeldung. Kamu turun di halte U6 Poccistraße, keluar di pintu keluar "Kreisverwaltungsreferat". Jangan lupa untuk memperhatikan jam buka kantornya. Untuk hari Senin, Selasa, dan Kamis seingat saya mereka buka pukul 8.30, hari Rabu libur dan hari Jumat mulai pukul 7.30 - 12.00. Sebisa mungkin datang sebelum mereka buka karena pengalaman saya datang sekitar pukul 9.30 antriannya sudah sangat panjang dan akhirnya saya baru dipanggil masuk menemui petugas sekitar pukul 14.00

Salah satu yang membuat saya terkejut adalah tidak seperti saat membuat visa di kedutaan Jerman di Jakarta, proses pembuatan ijin tinggal disini tidak memakai appointment dan kamu juga tidak bisa booking sebelumnya. Jadi benar-benar harus datang secara langsung dan mengantri. Maka dari itu pastikan untuk datang sepagi mungkin. Jika kamu datang terlalu siang bahkan mereka sudah tidak membagikan nomor antrian jadi kamu harus datang lagi keesokan harinya.

Apa prosedur pembuatan ijin tinggal?
Untuk membuat ijin tinggal, kamu harus sudah menyelesaikan langkah-langkah disini terlebih dahulu dan sudah Immatrikulation. Setelah itu kamu menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, yaitu:
  1. Formulir Aplikasi yang sudah diisi secara lengkap
  2. Bukti Anmeldung (Meldebestätigung)
  3. Bukti Immatrikulation (Immatrikulationbescheinigung)
  4. Bukti Asuransi, bisa dalam bentuk kartu asuransi atau Versicherungsbescheinigung
  5. Bukti Finansial, dalam bentuk Verpflichtungserklärung atau keterangan adanya uang sebesar minimal 7.908 Euro di dalam account Deutsche Bank kamu (sama seperti yang kamu butuhkan untuk apply visa) 
  6. Paspor
  7. Foto 3,5 x 4,5 sesuai ketentuan visa Eropa
Formulis aplikasi ijin tinggal bisa didapatkan disini. Untuk pengisiannya, saya rasa cukup jelas karena saya sendiri tidak terlalu menemukan masalah saat pengisian. Bagian yang belum kamu isi bisa kamu kosongi dan nanti ditanyakan kepada petugasnya. 

Setelah kamu melengkapi semua dokumen diatas, kamu bisa datang ke gedung Kreisverwaltungsreferat dan ke bagian Ausländerbehörde khusus untuk Student, letaknya di 2.OG (lantai 3, tapi karena sistem lantai di Jerman lantai dasar berarti lantai 0/Erdgeschoss maka letaknya di lantai 2) di Wartezone 8. Disana nanti ada petunjuk jalannya juga, cari yang untuk Studenten/Wissenschaftler. 

Sampai di Wartezone 8, kamu harus mengantri dulu untuk mengambil nomor antrian di Service Point. Saat mengantri waktu itu ada seorang petugas juga yang menanyai pengantri apakah mereka sudah memiliki dokumen secara lengkap. Di Service Point ini kamu cukup bilang "Ich möchte eine Aufenthalterlaubnis beantragen", kemudian mereka akan menanyakan dokumen-dokumen kamu dan memberikan kamu semacam checklist. Dokumen yang kamu bawa akan dicentang oleh petugas ini. Setelah selesai maka kamu akan diberi nomor antrian. 

Nah disini kamu harus menunggu lagi di Wartezone tersebut, hingga nomor antrian kamu muncul di layar yang ada disana dan kamu akan ditunjukkan harus pergi ke ruangan nomor berapa.

Sampai di ruangan tersebut kamu akan menemui petugas yang akan memproses permintaan ijin tinggal kamu. Petugasnya cukup ramah dan disana dia akan menjelaskan bahwa proses keluarnya ijin tinggal ini sekitar 4-6 minggu karena semua diproses di Berlin. Selain itu nanti kamu juga akan mendapatkan kiriman PIN lewat pos, dimana dengan PIN ini kamu bisa melihat status pengerjaan ijin tinggal kamu secara online. Jika ijin tinggal kamu sudah selesai, maka kamu bisa mengambilnya sendiri di KVR. Disini kamu akan diminta juga untuk memberikan sidik jari.

Setelah selesai, kamu akan diberi 2 lembar kertas: yang pertama berupa perintah untuk membayar biaya Aufenthalterlaubnis di kasir, ruangan nomor 1047. Ohya untuk pembuatan ijin tinggal ini dikenakan biaya sebesar 110 Euro. Sedangkan di kertas satu lagi adalah petunjuk untuk pergi ke ruangan tertentu dimana kamu harus mengisi semacam kuesioner / kumpulan pertanyaan. 

Nah saya sendiri belum mengisi kuesioner tersebut karena saat saya selesai membayar, kantor tempat pengisian rupanya sudah tutup. Nanti setelah saya mengisi akan saya update lagi blog ini!

Pertanyaan yang ditanyakan di kuesioner ini pada dasarnya adalah pertanyaan yang berhubungan dengan keamanan seperti apakah kita pernah mengikuti organisasi keagamaan yang menjurus ke teroris dan sebagainya. Jumlah pertanyaannya cukup banyak juga, namun tidak usah khawatir karena cukup mengisi "Tidak" pada kebanyakan pertanyaan.

Setelah selesai mengisi pertanyaan ini kamu akan diberikan Abholschein, yaitu tanda terima yang berisi nomor resi kamu. Dengan nomor resi ini kamu bisa mengecek status pengerjaan ijin tinggal kamu secara online di www.auslaenderbehoerde-muenchen.de.

Saya mengajukan visa awal menggunakan Zulassung dari Universitas di kota lain, apa bisa?
Saya sendiri pada saat mengajukan visa di kedutaan Jerman di Jakarta menggunakan Zulassung dari Universitas Hannover, dan membuat ijin tinggal di München. Pada dasarnya proses aplikasinya sama, namun perbedaan terletak pada waktu pengerjaannya yang memakan waktu lebih lama, karena dokumen-dokumen saya harus dikirim terlebih dahulu dari Hannover ke München. Proses pengerjaan yang memakan waktu normalnya 4-6 minggu, menjadi 9 minggu untuk saya.

Selain itu selesai mengisi kuesioner saya tidak diberi Abholschein terlebih dahulu, melainkan Abholschein saya dikirim lewat pos, sekitar 6-7 minggu setelah saya mengajukan permohonan ijin tinggal. Jadi saran saya, jika kamu mengalami kasus yang sama seperti saya, usahakan untuk sedini mungkin melakukan aplikasi ijin tinggal (saya sendiri apply tanggal 12 September dan baru selesai 21 November) sehingga nantinya kamu tidak harus membuat Fiktionsbescheinigung atau visa sementara.

Apa yang perlu dilakukan saat pengambilan ijin tinggal?
Jika ijin tinggal kamu sudah selesai, kamu bisa langsung mengambilnya di kantor imigrasi tanpa harus melakukan janji sebelumnya. Dokumen yang harus dibawa saat pengambilan yaitu Abholschein kamu dan paspor kamu.

Untuk München, pengambilan bisa dilakukan di kantor KVR di lantai 2, Wartezone 6 untuk Ausgabe eAT (Elektronischer Aufenthaltstitel). Disini kamu cukup mengambil nomor antrian dari mesin, kemudian beberapa menit kemudian kamu akan diarahkan untuk menuju ruangan mana dimana kamu akan bertemu dengan salah seorang petugas KVR yang akan menyerahkan ijin tinggal kamu.

Apa saya bisa menyuruh orang lain mengambil ijin tinggal saya?
Bisa. Dokumen-dokumen yang perlu dibawa:
  • Abholschein
  • Vollmacht (surat kuasa) yang sudah kamu tanda tangan, menyatakan bahwa kamu memberikan kuasa bagi orang yang kamu tunjuk ini untuk mengambil ijin tinggal kamu. (Sudah diberikan oleh Ausländerbehörde bersamaan dengan Abholschein)
  • Paspor kamu
  • Paspor orang yang akan mengambil ijin tinggal kamu
  • Ijin tinggal kamu yang lama (jika memperpanjang)

Apa itu Fiktionsbescheinigung?
Fiktionsbescheinigung ini adalah visa sementara yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi di kota kamu, jika visa kamu terlanjur sudah habis dan ijin tinggal kamu belum keluar. Sebisa mungkin menghindari jangan sampai harus membuat Fiktionsbescheinigung, karena harganya saya dengar sekitar 30 Euro dan ini biasanya hanya untuk beberapa minggu.

24 comments:

  1. Hallo kak mau tanya, aku kan oktober ini mau ikut sprachkurs dulu terus br ikt aufnahmeprüfung du bulan februari, nah national visa kan berlaku 3 bulan. Berarti anggep aja berlaku oktober-desember, terus desember aku perpanjang visa pakai dokumen apa ya? Terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, bisa pake bukti pendaftaran Sprachkurs kamu (bahwa kamu masih terdaftar sebagai murid di Sprachkurs tsb. pada waktu itu), seinget saya minimal 20 jam / minggu.

      Delete
  2. Oh bisa ya kak, tp kl kasusnya aku selesai kursus 12 Desember, tp visaku abis 20 Desember, nah itu gimana? Sedangkan setelah 12 desember sampe aufnahme aku nganggur cm nunggu (situasinya aku msh nunggu zulassung dr studkoll) jd selama itu aku udh ga kursus + aku blm pegang zulassung dr studkoll. Terima kasih kak maaf kl pertanyaannya merepotkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mestinya bisa sih asal waktu km perpanjang visanya km masih terdaftar sbg murid sprachkurs dan ada bukti2 lainnya kalo kamu masih mau bleiben di Jerman (asuransi, kontoauszug). tapi mungkin ga bisa diperpanjang sampe 1 tahun (ini juga biasa tergantung petugasnya).

      Delete
    2. Oke deh kak, terima kasih jawabannya, itukan in case kl ga punya pegangan dokumen lg, tp kl abis selesai kursus udh pegang zulassung, bs pake zulassung aja kan ya berarti?

      Delete
  3. Hi Rookie,

    What a useful blogs! Terima kasih sudah mau meluangkan waktu untuk menulis blog ini :)
    Boleh bantu kasih informasi, jika kita ingin kuliah di Jerman dengan biaya sendiri dan membawa keluarga (suami/ istri + 2 anak), apa saja syaratnya? Berapa deposit yang harus disetor ke bank di Jerman?

    Terimakasih banyak!
    Yuni

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yuni,

      danke sehr! Wah kalau itu saya kurang tahu, tapi kalau untuk pendaftaran di uni sendiri sih semestinya ga akan beda, yang membedakan adalah pada pendaftaran visa.
      Menurut saya, kamu bisa mengajukan visa dulu sebagai pelajar, kemudian setelah kamu disana baru keluarga bisa menyusul dengan mengajukan visa kumpul keluarga http://www.jakarta.diplo.de/contentblob/3453912/Daten/3190036/ehegattennachzug.pdf

      Untuk besarnya biaya yang diperlukan, coba tanyakan ke kedutaan Jerman di Jakarta (bisa per Email, mereka cukup cepat dalam membalas).

      Hope that helps :)

      Delete
  4. Kak mau tanya dong, kalau mau bikin aufenthalterlaubnis zum studienvorbereitung pake surat undangan ujian dari studienkolleg bisa gak ya? Atau harus daftar sprachschule jg (soalnya vertrag sprachschule saya udah abis)

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya bisa sih kalo kamu udah dapet zulassung untuk tes. Studienkolleg kan termasuk studienvorbereitung juga.

      Delete
  5. Hallo RookieAdvisor,

    Saya mau tanya, Verplichtungserklaerung yg diajukan buat Aufenthaltstitel itu sama dgn yg diajukan pas membuat visa Jerman kah? atau kita harus ke Deutsche bank untuk minta Verplichtungserklaerung yg baru?
    Danke im Voraus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo isquared,

      untuk membuat Verpflichtungserklärung, penanggung jawab kamu di Jerman harus pergi ke Ausländerbehörde (kantor immigrasi) dan membuat form ini, tidak perlu ke Deutsche Bank. Verpflichtungserklärung yang original (bukan fotokopi) nantinya kamu pakai untuk membuat Aufenthaltstitel.

      Source: http://www.muenchen.de/rathaus/Stadtverwaltung/Kreisverwaltungsreferat/Auslaenderwesen/Studium--Sprachkurse-und-Forscher/Verpflichtungserklaerung.html

      Delete
  6. halo kak, mau tanya kl perpanjang visa itu harus punya bukti meldebestätigung di kota yang sama dengan zulassung kita ya? aku sekarang di Frankfurt lagi sprachkurs dan selesai 28 November, aku juga udh pegang Zulassung buat studkoll dr Wismar. itu berarti aku harus daftar diri dulu di Wismar br bisa perpanjang visa? atau pakai alamatku di Frankfurt ya? terima kasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, setau saya sih kalo kamu udah ada Zulassung buat Studkol di Wismar harus perpanjang visanya di Wismar, karena ntar di ijin tinggal kamu ditulis spesifik khusus untuk studi di mana, jurusan apa.

      Delete
    2. oh gitu kak,tp aku ga punya alamat tempat tinggal disana, berarti aku ga bisa perpanjang disana ya? apa solusinya aku ikut kursus lagi di Frankfurt ya jd bisa perpanjang visa sampe aku ikut aufnahme, setelah keterima baru aku urus lg perpanjang visa di Wismar. atau mungkin kakak punya solusi lain? terima kasih kak

      Delete
  7. Halo kak, saya sudah mengurus ijin tinggal dari tanggal 16 Oktober, saya menggunakan visa saya yang juga dari zulassung Hannover, tetapi sampe sekarang sudah lebih dari 8 minggu belum ada kabar tentang Abholscheinn saya ya kak? Apakah normal kalau lebih dari 8 minggu kita belum dapat Abholschein?

    Danke im Voraus!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, di München? aufenthaltstitel saya juga cukup lama, sekitar 9 minggu. coba kirim email aja ke pihak KVR tanyakan tentang Abholschein kamu

      Delete
  8. Iya di München juga saya. Ah oke2 saya coba emailin KVRnya dulu deh coba liat jawaban mereka, makasih sarannya kak.

    ReplyDelete
  9. Hello,,, mau berbagi pengalaman saja nih setelah kemarin mau buat Aufenthalterlaubnis di Darmstadt. ternyata di sini harus pakai termin, dan ga bisa langsung datang antri, sepertinya beda kota beda kasus. dan aku baru dpt termin nanti Januari padahal visa tinggal sementaranya tinggal 2 minggu. (dan aku buat termin di tempat krn mereka ga punya online portal itu sejak 2 minggu setelah sy smpai di Jerman)

    ReplyDelete
  10. Halo kak, danke für dein tolles Blog! Es hilft mir immer.
    Aku punya pertanyaan nih kak, aku udah dapet visum dari kedutaan jerman di jakarta. Waktu apply visum sih aku apply pake undangan untuk aufnahmeprüfung di Studkol Halle. Tapi karena satu dan lain hal, aku akhirnya belum bisa ikut ujian masuk studkol itu. Aku dikasih visa 6 bulan. Nah aku rencana akan ke Berlin dulu untuk sprachkurs B2 di sana, setelah itu akan langsung mendaftar kembali studkol wintersemester. Tapi di visum tertulis ABH aku adalah STV Halle dan juga tercantum "GILT NUR ZUM BESUCH DES STUDIENKOLLEGS AN DER MARTIN LUTHER UNIVERSITÄT", tapi aku kan belum keterima di studkol sana juga kak, ich besuchte nicht die Prüfung. Was denkst du kak? Akankah jadi masalah ketika anmelden dan perpanjang visa di Berlin nanti? Maaf panjang sekali, ich brauche andere Meinung. Vielen Dank kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo wilson,
      aku dulu juga pertama kali dapet visa untuk studium di hannover, tapi ga immatrikuliert dan waktu perpanjang lagi (untuk aufenthaltstitel) aku perpanjang dari münchen ga ada masalah. unterlagen dari hannover akan dikirim ke abh münchen, cuma ini makan waktu cukup lama sih. kira2 selesai sekitar 9 mingguan. klo menurutku sih harusnya ga ada masalah selama km ada unterlagen yg lain dan ada bukti teilnahme sprachkurs di berlin.

      Delete
  11. Hallo kak, ich habe eine Frage :)

    Aku rencana mau buat VISA Studienvorbereitung dengan sprachkurs dulu. Aku mau ambil kursus yang intensiv 2 bulan (20 jam per minggu). Itu bisa kan kak? Kalo kata-kata orang sih minimal 3 bulan gitu, tapi setelah aku baca-baca di kedutaan, cuman min. 18J/minggu dan harus kelas intensif. Danke!

    ReplyDelete
  12. Hai ka..mau tanya, kalau perpanjang ijin tinggal dua bulan sebelom habis apakah bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, bisa. Dulu waktu saya perpanjang ijin tinggal juga kira2 2 bulan sebelumnya.

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...