Wednesday, September 11, 2013

Hal-Hal Kecil yang Cukup Mengejutkan di Jerman

Selama hampir seminggu hidup di München, saya menemui beberapa hal-hal yang kelihatan sepele tapi cukup mengejutkan dan patut dituliskan juga. Nantinya post ini juga akan saya update secara berkala bila ada hal yang baru.

1. Membeli air minum kemasan
Pada saat kamu berbelanja di supermarket seperti Aldi atau Lidl mungkin kamu heran juga, kenapa harga air minum yang ditulis misal 0,11 Euro kemudian ada tulisan "Pfand 0,25 Euro" sehingga akhirnya kamu harus membayar sebesar 0,36 Euro. Pfand yang dimaksud adalah biaya botol air minum tersebut. Setelah kamu menghabiskan air minumnya, jangan buang botolnya. Masukkan kedalam Pfandautomat yang tersedia di supermarket-supermarket dan kamu nanti bisa mendapatkan kembali uang 0,25 Euro tersebut.

2. Berbelanja di supermarket
Kebanyakan supermarket di Jerman tidak memberikan kantong plastik, kamu harus membayar sekitar 0,07 - 0,1 Euro untuk kantong plastik (tergantung besarnya) sehingga sangat disarankan untuk membawa kantong plastik sendiri atau membawa tas besar khusus untuk memasukkan barang belanjaan. Selain itu untuk penggunaan trolley belanja, kamu harus memasukkan deposit berupa uang koin untuk membuka kunci dari trolley tersebut. Nantinya setelah belanja, letakkan trolley di tempat trolley-trolley lainnya kemudian kunci lagi trolley tersebut untuk mengeluarkan uang kamu.

3. Air Minum dan Kebersihannya
Tidak seperti di Indonesia, sistem pengolahan air di Jerman, khususnya München, sangat baik. Bahkan ada yang bilang bahwa München merupakan salah satu kota dengan sistem pengolahan air paling baik se-Eropa. Karena itu selama 3 minggu disini saya minum dengan air kran. Namun beberapa waktu lalu saat mencuci pemanas air, saya menemukan semacam endapan putih di termos saya, yang ternyata adalah kapur.

Selidik punya selidik, ternyata air kran di Jerman mengandung kapur. Untuk mengatasi hal ini, ada dua alternatif:
  • Beli air minum kemasan. Kamu bisa membeli air minum kemasan yang dijual di supermarket seperti REWE atau Aldi, harganya cukup murah dan setelah habis kamu bisa mengembalikan botolnya di Pfandautomat
  • Beli Water Filter. Ini alternatif yang saya pilih. Jadi saya membeli semacam wadah air dengan penyaringnya. Di München sendiri salah satu yang terkenal adalah merk BRITA.
    Harganya mulai dari 13 Euro. Jadi water filter ini seperti wadah air, kemudian di dalamnya kamu pasang semacam penyaring yang berisi pasir. Pasir inilah yang akan menyaring kapur-kapur dalam airnya. Kamu cukup menuang air kran ke dalam wadah ini, kemudian setelah disaring kapurnya kamu bisa meminumnya seperti biasa. Sekitar 1 bulan sekali kamu harus mengganti penyaringnya dengan yang baru. Harga penyaring sekitar 3-5 Euro.



1 comment:

  1. Hallo, di supermarket2 banyak kok. Atau bisa juga lewat Amazon.

    ReplyDelete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...