Sunday, November 10, 2013

Buku dan Perpustakaan

Beberapa waktu sebelum mulai kuliah saya sempat bingung, bagaimana dengan buku-buku pelajaran yang dibutuhkan untuk kuliah, apa saya harus membelinya? Setelah saya mencoba mengecek harga buku-buku yang dianjurkan di internet, ternyata harga bukunya cukup mahal, sekitar 30 Euro bahkan ada yang 70 Euro ke atas untuk 1 buku. Untuk fotokopi buku pun juga jasa fotokopi disini tidak murah. Di Wohnheim saya fotokopi 1 lembar dikenai harga 0.20 Euro. Tentunya jika kamu harus memfotokopi buku setebal 800 halaman malah akan jatuh lebih mahal daripada jika kamu membeli buku aslinya. 

Untungnya, di Jerman kamu tidak perlu khawatir dengan hal ini, karena sistem perpustakaan disini sangat bagus. Buku-buku pelajaran saya semua saya pinjam dari perpustakaan. Di München sendiri saya terdaftar sebagai anggota dari 3 perpustakaan:

  1. Uni Bibliothek: Ini perputakaan milik universitas. Biasanya dengan StudentCard yang kamu punya maka kamu bisa langsung mendaftar diri di Uni Bibliothek. Di Uni Bib TUM kamu cukup membawa StudentCard kamu untuk mendaftar, dan hari itu juga bisa langsung meminjam buku yang kamu inginkan. Masa waktu pinjam buku di Uni Bib TUM yaitu 1 bulan, tapi jika buku ini tidak dipesan orang lain maka akan bisa otomatis diperpanjang hingga 1 semester. Jika misal buku yang kamu inginkan tidak terdapat di Uni Bib TUM di kampus kamu, kamu bisa mencarinya di katalog online TUM (http://opac.ub.tum.de) dan jika buku ini tersedia di perpustakaan TUM di kampus lain, kamu bisa memesannya dan sekitar 3 hari kemudian bisa buku ini sudah diantarkan di perpustakaan di kampus kamu. Semua buku pelajaran yang dianjurkan oleh professor ada di perpustakaan kampus ini, meskipun jumlahnya memang juga terbatas.
  2. Münchner Stadtbibliothek: Untuk menjadi anggota perpustakaan ini dikenakan biaya 10 Euro per tahun untuk student, tapi menurut saya tidak rugi menjadi anggota perpustakaan ini karena koleksinya sangat lengkap. Kamu bisa meminjam novel-novel, buku pelajaran, buku latihan bahasa Jerman, dan DVD serial barat, jerman, film, dll. Gedung pusatnya terletak di Am Gasteig (S-Bahn Rosenheimer Platz / Tram 16 Am Gasteig) namun ada banyak sekali cabang dari perpustakaan ini di sekitar kota München.
  3. Bayerische Staatsbibliothek: Ini merupakan perpustakaan umum kota Bayern. Karena keanggotaannya gratis maka saya iseng-iseng mendaftar. Koleksinya sangat lengkap, namun sayang koleksi yang dimiliki lebih ke arah buku-buku tua atau dokumen-dokumen tua. Satu hal yang menurut saya menarik adalah koleksi partitur untuk piano yang sangat-sangat lengkap.

4 comments:

  1. Hai....Mohon sarannya kalau mau keliling jerman 9 hari,start dari berlin dan finish di munchen, Kira2 singgah ke Kota apa saja buat trip

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, dari Berlin bisa naik ke Hamburg, kemudian turun ke Köln, Frankfurt, Heidelberg, Stuttgart, dan München. Berlin sendiri menurut saya perlu minimal 3 hari untuk benar-benar puas. Sementara di München selain sightseeing kotanya kamu bisa daytrip ke Neuschwanstein Castle atau Salzburg. Selamat jalan2! :)

      Delete
  2. Halo felicia, masa peminjaman buku di tum bisa diperpanjang scr otomatis maksudnya bagaimana ya? Tidak perlu bilang ke petugas bibliotheknya atau gimana? Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo stevian, iya kalo misal buku yg kamu pinjam ga di vormerken oleh orang lain, otomatis verlängert tanpa perlu ke bibliothek lagi. nanti kalau kamu memang harus kembalikan bukunya biasa akan dinotify lewat email

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...