Friday, July 26, 2013

What to do after Visa Application: Proses Menunggu Visa sampai Keluar

Pada post beberapa waktu lalu (klik di sini) saya telah menuliskan prosedur pembuatan visa. Nah setelah kita mengajukan visa, maka kita masuk ke fase yang menurut saya paling nggak enak, menunggu visa keluar.

Berapa lama proses pengerjaan visa?
Proses pengerjaan visa sendiri sangat berbeda-beda. Ada beberapa teman saya yang mendapat visa hanya dalam waktu 2 minggu atau 3 minggu. Saya sendiri memerlukan waktu 5 minggu untuk mendapatkan visa, padahal saya dan teman-teman sama-sama mengajukan ke kota yang sama, Hannover.

Karena merasa was-was dengan visa yang tidak kunjung keluar, maka saya pun menelepon kedutaan menanyakan status visa saya. Sayangnya jawaban kedutaan kurang memuaskan. Saya hanya disuru menunggu telefon. Pada saat itu saya agak takut ditolak, karena memang proses aplikasi saya agak 'beda'. Oleh petugas loket visa ijazah SMA saya beserta terjemahannya dikembalikan karena menurut petugas tersebut cukup memakai ijazah Studienkolleg dan Zulassung dari Uni Hannover, sementara hampir semua teman saya yang mengajukan visa memerlukan ijazah SMA. 

Apa yang bisa dilakukan jika visa tak kunjung keluar?
Karena penasaran kenapa visa saya membutuhkan waktu yang cukup lama (dibandingkan teman-teman yang lain yang hanya membutuhkan 2-3 minggu) maka saya pun memutuskan untuk mengontak pihak Ausländerbehörde (ABH) Hannover. ABH ini yang memutuskan apakah visa kamu disetujui atau tidak. Pada saat itu saya megirimkan email ke ABH Hannover, yang saya dapat dari website ini. Untuk kota selain hannover bisa kamu cari di Google dengan keyword Ausländerbehörde (kota yang dituju). Email yang saya kirim cukup simpel, seperti ini:

Sehr geehrte(r) Damen und Herren,

mein Name ist Felicia. Ich bin Absolventin des Studienkollegs und werde an der Uni Hannover studieren. Ich habe vor einem Monat ein Visum beantragt. Bis jetzt habe ich leider keine Rückmeldung. Vielleicht wissen Sie, ob mein Antrag Ihnen erreicht hat?

Ich warte auf Ihre Antwort. Vielen Dank für Ihre Aufmerksamkeit.

Mit freundlichen Grüßen,
Felicia

Hanya dalam selang waktu kurang dari 30 menit saya sudah mendapat jawaban dari ABH Hannover yang menanyakan data diri saya (Tanggal lahir, Kewarganegaraan, Kota yang akan dituju di Jerman). Setelah memberikan data ini email saya pun langsung disalurkan ke pihak yang berwenang untuk masalah visa. Beberapa menit kemudian, saya mendapat kejelasan tentang masalah visa saya.

Die deutsche Auslandsvertretung hat Ihren Antrag unter Verschweigefrist ab dem 20.06.13 angekündigt.

Das heißt, dass sie in eigener Zuständigkeit nach Ablauf von 3 Wochen und 2 Arbeitstagen über das Visum entscheiden wird, sofern wir die Verschweigefrist nicht unterbrechen. Die Frist ist von uns nicht unterbrochen worden.

Wir dürfen Sie daher bitten direkt mit der Auslandsvertretung in Kontakt zu treten, da wir in der Visaangelegenheit nicht weiter tätig werden.

Apa maksud dari Verschweigefrist?
Pertama kali membaca ini saya jujur merasa bingung apa yang dimaksud dengan Verschweigefrist dan Versweigefrist nicht unterbrechen.  Setelah melakukan sedikit research di internet, saya baru menemukan jawaban tentang ini. 
Dari sini saya sedikit lebih mengerti tentang proses pengajuan visa. Setelah kamu mengajukan di kedutaan Jerman di Jakarta, maka dokumen kamu akan dikirimkan ke pihak ABH kota yang dituju. Verschweigefrist ini bisa dikatakan sebagai 'period of silence'. Jadi jika selama Verschweigefrist ini pihak ABH di Jerman tidak merespon apa-apa (tidak mengajukan keberatan), maka ini dianggap bahwa pengajuan visa kamu disetujui. 
Dalam kasus saya, dari ABH Hannover mengatakan bahwa mereka tidak mengajukan keberatan selama Verschweigefrist 3 minggu dan 2 hari. Jadi masalah visa yang tidak kunjung keluar disebabkan oleh kedutaan Jerman. Mereka pun menyarankan agar saya menanyakan tentang hal ini ke kedutaan Jerman. 

Sekali lagi saya mengontak kedutaan Jerman, kali ini dengan email untuk memperjelas masalah saya. Saya lampirkan juga jawaban dari ABH Hannover. Akhirnya pihak kedutaan baru memberikan jawaban, bahwa visa saya dalam beberapa 2 hingga 3 hari akan dikirim. Beruntung, setelah 3 hari menunggu akhirnya visa saya bisa keluar juga.

Untuk setiap kota di Jerman saya sendiri kurang tahu apakah Verschweigefristnya sama atau beda, khususnya untuk kota-kota besar yang ramai seperti Berlin, yang menurut banyak orang bisa memakan waktu 2 hingga 3 bulan untuk pengerjaan visa. Namun jika memang sudah merasa menunggu lebih dari 1 bulan dan visa belum kunjung keluar, bisa juga mengontak ABH di kota yang akan dituju untuk menanyakan keadaannya.

 

15 comments:

  1. mbak saya mau tanya,

    ketika apply visa kan harus kedua orangtua hadir, karena saya masih dibawah 18
    yang mau saya tanyakan dimana saya bisa mendapatkan contoh dari

    Surat keterangan persetujuan yang sudah dilegalisir oleh notaris, bila salah satu
    orang tua berhalangan hadir. (Asli dan fotokopi)

    terimakasih mbak,

    yahya.physic@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,

      waduh maaf banget kalo tentang masalah ini saya jujur ngga bisa kasi solusi, karena saya nggak tahu menahu tentang ini. jadi daripada saya salah memberi info, mungkin kamu bisa coba kirim email ke bagian visa di kedutaan, maksud apakah perlu menyertakan surat keterangan dan maksud surat keterangannya seperti apa. mereka cukup cepat mengirimkan jawaban dan biasanya jawabannya cukup jelas. saya juga selalu menanyakan ke bagian visa di kedutaan untuk beberapa hal yang tidak jelas dan selalu dijawab.

      Delete
  2. Saya minta alamat email kaka agar lebih enak dan mudah kita berinterksi boleh kak ? Saya butuh skali jawaban nya secepatnya , dan saya mempunyai kebingungan karna, pihak ABH hannover telah menyuruh saya menghubungi auslandervertretung terdekat, karna remonstration saya atau aju banding saya telah selesai di kerjakan, mohon jawabannya kak , karna pihak kedutaan jermannya pula ga ngasih saya jawaban di terima atau di tundanya visa saya .. Danke

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo,

      mohon pengertiannya, untuk saat ini saya sendiri sedang sibuk persiapan untuk ujian di uni, jadi nggak bisa sering online juga, dan nggak bisa bagi alamat email pribadi. tapi saya usahakan untuk membalas comment secepatnya.

      Delete
  3. Saya telah mengajukan aju bandung dri desember, tapi sampai skrg saya belum dapat kabar dri kedutaan, saya juga telah menghubungi ABH hannover, mereka bilang bahwasannya aju banding saya telah selesai di kerjakan dan silahkan hubunginperwakilan kedutaan terdekat, tapi kedutaan jerman di sini belom tahu hasilndri surat aju banding yg saya ajukan, apakah saya termasuk dalam period of silence, karna dri pihak hannovernya sudah memberi kekuasaan kpd kedutaan tentang keputusan aju banding saya, mohon bantuannya kak
    yogiiee.yp@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo,

      kalau boleh tahu sudah berapa minggu kamu mengajukan visa? jika masih dalam batas 6-8 minggu menurut saya masih normal. kalau memang pihak Hannover sudah menyetujui dan keputusan berada di tangan kedutaan Indonesia, berarti memang kamu harus giat menghubungi kedutaan Indonesia. Bisa saja berkas kamu dari Hannover belum diurus karena mereka barusan libur natal/tahun baru kemarin. Mungkin kamu bisa email lagi bagian visa di kedutaan (karena lewat telepon biasanya jawabannya kurang jelas) dengan mengatakan bahwa kamu perlu visa kamu segera keluar dengan alasan akan berangkat tanggal sekian..

      Delete
  4. Bagaimana caranya mengontak kedutaan Jerman dari email ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari website kedutaan Jerman di Jakarta, bagian kontak, ada email dari Visastelle, saya nggak ingat emailnya apa. bisa kamu cek di google :)

      Delete
  5. Pengalaman saya pribadi hampir sama dengan pengalaman mbak di tulisan ini, memang sepertinya mengajukan visa untuk tujuan Hannover lumayan bikin galau. Visa saya keluar setelah 5 minggu menunggu. Lumayan lama dibandingkan dengan teman saya untuk tujuan Kempten Bayern. Apply visa pada tanggal yang sama, tapi visa teman saya keluar hanya berselang dua minggu. Jadi kesimpulannya memang setiap kota tujuan dI Jerman, lama pembuatan visa berbeda beda. D

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Kemarin sy sudah telp ABH Nueremberg, karena email sy belum dijawab. Mereka mengatakan bahwa visa adl urusan di kedutaan. Walau sy hanya menanyakan apakah berkas aplikasi sy sudah diterima dan lengkap, mereka belum berkenan menjawab. Ini sama ketika sy ditolak beberapa waktu lalu, sy email dan balasan mereka sama. Kemarin sy apply, bersama mahasiswa ke Gottingen. Walau sama residen permit, yg dari Gottingen sudah di acc visanya^^ dia menyarankan agar sy terus memfollow up visa sy. Smoga ada berita baik..

    ReplyDelete
  8. Halo kak, saya mau tanya ABH hannover cara kontaknya gimana ya kak? linknya ngaak berfungsi seperti error gitu. tolong dibantu ya kak, ini saya sudah 5 minggu lebih sejak Termin saya dan saya mencoba email kedutaan tapi kedutaan Jerman Jakarta cuma jawab belum ada jawaban dari imigrasi Jerman.
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, sepertinya linknya udah diganti. Setelah cari2 saya nggak nemu email yang baru, tapi dulu saya kirim email ke auslaenderbehoerde@hannover-stadt.de

      Delete
  9. Kak mau nanya nih, jadi Verschweigefrist itu dihitung sejak kpn ya berlakunya? Apakah sejak Unterlagen nya sampai ke tgn ABH nya langsung dihitung Verschweigefrist ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo, saya sendiri kurang tau detailnya sih. Tapi kalo km liat diatas, ABH Hannover bilang mereka Verschweigefrist sejak 20.6.2013, seinget saya dulu dapet termin Visa di kedutaan sekitar awal Juni 2013, jadi mungkin ya beberapa hari / minggu sejak Antrag diterima ABH Hannover

      Delete

Silakan memberikan saran, masukan, dan pertanyaan seputar post yang dimaksud disini!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...